Amalan Doa Untuk Anak Agar Menjadi Sholeh/Sholehah

Doa agar anak sholeh dan sholihah dapat diamalkan setiap orang tua. Memiliki anak sholeh dan sholihah yang senantiasa taat pada perintah Allah SWT adalah dambaan tiap orangtua. Sebab, setiap orang tua sudah pasti menginginkan yang terbaik bagi putra-putrinya di dunia dan akhirat kelak. Tanamkan dalam hati untuk berdoa dengan meminta ridho kepada Allah SWT agar dapat mendidik anak menjadi sholeh dan sholihah.

Doa anak sholeh merupakan salah satu perkara yang masuk dalam tiga amalan yang tidak akan terputus. Selain itu, tentu sangat membanggakan apabila dapat mendidik anak sehingga sedemikian sholeh. Adapun amalan tidak terputus ini adalah amalan yang bisa membantu seorang setelah meninggal dunia karena tidak ada suatu amalan lagi yang bisa dilakukannya.Tentu, berikut adalah beberapa amalan doa yang bisa dilakukan untuk anak agar menjadi sholeh atau sholehah:

  • Doa Setiap Hari: Ajarkan anak-anak doa-doa harian seperti doa sebelum makan, doa sebelum tidur, doa ketika bangun tidur, dan doa-doa lainnya. Ini membantu mereka memperkuat hubungan spiritual dan kesadaran akan Tuhan.
  • Membaca Al-Qur’an Bersama: Ajak anak-anak Anda membaca Al-Qur’an bersama-sama. Bisa dilakukan setiap hari atau beberapa kali dalam seminggu. Ini tidak hanya membantu mereka menghafal ayat-ayat suci, tetapi juga memperkuat ikatan spiritual mereka dengan Islam.
  • Memahami Makna Doa: Selain mengajarkan anak-anak doa-doa, penting juga untuk menjelaskan maknanya kepada mereka. Hal ini membantu mereka memahami pentingnya doa dan bagaimana mereka bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Membiasakan Berdzikir: Ajarkan anak-anak Anda untuk membiasakan diri berdzikir, baik dengan dzikir tasbih, dzikir pagi dan petang, atau dzikir-dzikir lainnya. Ini membantu mereka menjaga kesadaran akan Tuhan dalam setiap langkah mereka.
  • Memberi Contoh Teladan: Selain doa-doa dan amalan-amalan, yang tak kalah penting adalah memberikan contoh teladan kepada anak-anak. Tunjukkan kepada mereka bagaimana Anda menjalankan ibadah dengan konsisten dan penuh keikhlasan.
  • Doa Permohonan: Doa permohonan juga sangat penting. Minta Allah agar memberikan hidayah kepada anak-anak Anda agar mereka selalu berada di jalan yang lurus dan mendapatkan kesuksesan di dunia dan akhirat.
  • Mengajarkan Kebaikan: Ajarkan anak-anak untuk berbuat kebaikan kepada sesama, karena Islam mendorong untuk berbuat baik kepada orang lain. Berbagi dengan mereka cerita-cerita tentang para sahabat Nabi Muhammad SAW yang saleh, dan betapa besar kebaikan yang mereka lakukan.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

هُنَا لِكَ دَعَا زَكَرِيَّا رَبَّهٗ ۚ قَا لَ رَبِّ هَبْ لِيْ مِنْ لَّدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۚ اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَآءِ

“Di sanalah Zakaria berdoa kepada Tuhannya. Dia berkata, “Ya Tuhanku, berilah aku keturunan yang baik dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa.”(QS. Ali ‘Imran 3: Ayat 38)

Ingatlah, pendekatan yang konsisten dan penuh kasih sayang sangatlah penting dalam membimbing anak-anak menuju ke arah yang benar. Semoga Allah memberkahi usaha Anda dalam mendidik anak-anak Anda menjadi generasi yang sholeh atau sholehah.

#mendidikanak #doa #sholehsholehah #artikel #novmi #kalibaru #cilincing #jakartautara #agama #mufakatalbannaindonesia

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *