Aspek Dalam Hal Parenting

Parenting diambil dari sebuah kata bahasa Inggris yaitu ‘parent’, arti kata tersebut merujuk pada orang tua. Sedangkan dalam bahasa Inggris, kata imbuhan ing memiliki arti ‘kata kerja’ yang maknanya sedang melakukan sesuatu. Jadi jika dilihat dari makna parenting berdasarkan kosakata aslinya, artinya dari parenting adalah orang yang sedang melakukan atau mengerjakan aktivitas sebagai orang tua. Selanjutnya kata parenting berdasar makan atau arti merupakan ilmu tentang mengasuh, membimbing, serta mendidik anak dengan cara baik dan benar. Orang tua merupakan madrasah pertama bagi anak-anaknya, oleh karena itu sebelum membimbing dan mengasuh anak, orang tua harus memiliki ilmu terlebih dahulu. Parenting adalah proses yang melibatkan perawatan, bimbingan, dan pengasuhan anak-anak untuk membantu mereka tumbuh dan berkembang menjadi individu yang sehat, bahagia, dan mandiri. Ini melibatkan berbagai tugas dan tanggung jawab, termasuk memberikan kasih sayang, pendidikan, perlindungan, dan bimbingan moral kepada anak-anak.

Parenting melibatkan berbagai aspek, termasuk:

  1. Kasih Sayang dan Perhatian: Memberikan cinta, perhatian, dan dukungan emosional kepada anak-anak adalah bagian penting dari parenting. Ini mencakup memeluk, menghibur, dan mendengarkan anak-anak dengan penuh perhatian.
  2. Pendidikan dan Pembelajaran: Mendukung perkembangan intelektual anak-anak dengan memberikan kesempatan untuk belajar dan bereksplorasi. Ini bisa meliputi membaca bersama, bermain permainan edukatif, dan memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan.
  3. Disiplin dan Perilaku: Mengajarkan anak-anak tentang norma-norma sosial dan perilaku yang baik. Ini melibatkan menetapkan batasan yang jelas, memberikan konsekuensi yang konsisten, dan membantu anak-anak memahami tanggung jawab mereka.
  4. Kesehatan dan Keamanan: Mempertahankan kesehatan fisik dan mental anak-anak dengan memberikan nutrisi yang baik, akses ke perawatan medis yang diperlukan, dan menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung.
  5. Hubungan dan Komunikasi: Membangun hubungan yang kuat dan saling percaya dengan anak-anak melalui komunikasi yang terbuka dan empati. Mendengarkan anak-anak dengan penuh perhatian dan memberikan dukungan saat mereka membutuhkannya.
  6. Model Perilaku Positif: Menjadi contoh yang baik bagi anak-anak dengan menunjukkan sikap dan perilaku yang diinginkan. Ini mencakup menunjukkan kerja keras, ketabahan, empati, dan toleransi.
  7. Keseimbangan Hidup dan Pengelolaan Waktu: Menyediakan waktu yang cukup untuk bersama-sama sebagai keluarga serta memberikan waktu yang cukup untuk kegiatan lainnya seperti pekerjaan dan sekolah. Menjaga keseimbangan antara berbagai aspek kehidupan adalah penting untuk kesejahteraan keluarga.

Parenting adalah cara pola asuh mendidik anak bagaimana orang tua memberikan perlindungan, perawatan dan mengamati perkembangan yang sehat juga kegiatan hingga tumbuh dewasa. Parenting adalah tugas yang menantang namun sangat memuaskan, dan membutuhkan komitmen yang kuat untuk mendukung perkembangan anak-anak Anda secara positif. Anak bagaikan lembaran putih kosong yang dapat dihias dengan berbagai coretan atau tulisan. Coretan tersebut dapat menjadi indah atau justru tidak beraturan tergantung dari orang tua dan pola asuh yang diterapkan. Tujuan utama parenting adalah membantu anak-anak tumbuh dan berkembang menjadi individu yang mandiri, bertanggung jawab, dan berkontribusi positif bagi masyarakat.

#parenting #polaasuh #orangtua #novmi #artikel #kesehatan #kalibaru #mufakatalbannaindonesia #kalibaru #jakartautara

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *