Dzikir Yang Di Baca Pagi Dan Sore Hari

Dzikir adalah salah satu bentuk ibadah yang melibatkan pengucapan atau pemikiran kata-kata tertentu untuk mengingat Allah. Praktik ini membantu umat Muslim tetap mengingat dan mendekatkan diri kepada Allah dalam kehidupan sehari-hari. Sebelum memulai aktivitas harian, sebaiknya kita awali dengan doa di pagi hari. Pun ketika aktivitas sehari-hari kita mulai berkurang menjelang petang, baiknya di waktu tersebut, doa kita ucapkan. Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

وَا ذْكُرْ رَّبَّكَ فِيْ نَفْسِكَ تَضَرُّعًا وَّخِيْفَةً وَّدُوْنَ الْجَـهْرِ مِنَ الْقَوْلِ بِا لْغُدُوِّ وَا لْاٰ صَا لِ وَلَا تَكُنْ مِّنَ الْغٰفِلِيْنَ

“Dan ingatlah Tuhanmu dalam hatimu dengan rendah hati dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, pada waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lengah.” (QS. Al-A’raf 7: Ayat 205)

Rasulullah SAW sangat menganjurkan umat Islam untuk beribadah melalui dzikir. Umat Muslim dapat membaca dzikir pada pagi dan petang hari setelah shalat fardhu. Mereka dianjurkan untuk melakukan dzikir pagi mulai dari waktu Subuh hingga terbitnya matahari. Sementara itu, mereka dapat melaksanakan dzikir petang dari waktu Ashar hingga terbenamnya matahari.

Berikut adalah beberapa dzikir yang biasanya dibaca pada pagi dan sore hari.

A. Dzikir Pagi:

  • Subhanallah walhamdulillah wa la ilaha illallah wallahu akbar.

(Maha suci Allah, segala puji bagi Allah, tidak ada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar)

  • Alhamdulillahi Rabbil ‘alamin.

(Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam)

  • La ilaha illallah wahdahu la syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu, wa huwa ‘ala kulli syai’in qadir.

(Tidak ada Tuhan selain Allah, Dia Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya kerajaan dan bagi-Nya pujian, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu)

  • Astaghfirullahal ‘azim, alladzi la ilaha illa huwal hayyul qayyum wa atubu ilaih.

(Aku memohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tidak ada Tuhan selain Dia, yang Maha Hidup dan yang Maha Subsisten, dan aku bertaubat kepada-Nya)

  • Allahumma inni as’aluka ilman nafia’, wa rizqan thayyiban, wa ‘amalan mutaqabbalan.

(Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan amal yang diterima)

B. Dzikir Sore:

  • Astaghfirullahal ‘azim, alladzi la ilaha illa huwal hayyul qayyum wa atubu ilaih.

(Aku memohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tidak ada Tuhan selain Dia, yang Maha Hidup dan yang Maha Subsisten, dan aku bertaubat kepada-Nya)

  • Allahumma inni a’udzubika min ‘adzabil qabri, wa min ‘adzabil Jahannam, wa min fitnatil mahya wal mamat, wa min fitnatil masihid dajjal.

(Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, dari siksa neraka, dari fitnah kehidupan dan kematian, dan dari fitnah Al-Masih Dajjal)

  • Bismillahil ladzi la yadurru ma’asmihi syai’un fil ardhi wa la fis sama’i wa huwas sami’ul ‘alim.

(Dengan nama Allah yang dengan nama-Nya tidak ada sesuatu pun yang dapat membahayakan di bumi maupun di langit dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui)

  • La hawla wa la quwwata illa billah.

(Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah)

  • Allahumma bika asbahna wa bika amsayna wa bika nahya wa bika namutu wa ilaikal nusyur.

(Ya Allah, dengan rahmat-Mu kami memasuki waktu pagi dan dengan rahmat-Mu pula kami memasuki waktu sore, dengan rahmat-Mu kami hidup dan dengan rahmat-Mu pula kami akan mati, dan kepada-Mu kami akan kembali)

Kata Imam an-Nawawi, “Orang yang diberi taufik oleh Allah SWT sehingga dapat membaca keseluruhannya jelas dia mendapatkan nikmat dan anugerah yang tak terkira. Namun bila tidak sanggup, minimal mengusahakan membaca satu doa pagi dan petang saja,” ujar Imam an-Nawawi. (Lihat selengkapnya di Kitab al-Adzkar, hlm 76, Dar el-Fikr cetakan tahun 1994 M.) Sebagai salah satu aktivitas ibadah yang dianjurkan untuk dilakukan umat Muslim, berdzikir tentunya bermanfaat untuk kehidupan dunia dan akhirat. Selain untuk menambah pahala dan mendekatkan diri kepada Allah, dzikir juga bermanfaat untuk memohon pengampunan dosan kepada Allah SWT.

#dzikir #pagipetang #agama #pengigatdiri #artikel #novmi #kalibaru #cilincing #mufakatalbannaindonesia #jakartautara

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *