Jigsaw Puzzle | Penangkal Kecemasan

Mengapa Jigsaw Puzzle Bisa Menjadi Penangkal Kecemasan Anda yang Terbaik. Jigsaw puzzle, atau teka-teki potongan gambar, Menyusun jigsaw puzzle membutuhkan fokus. Dengan berfokus pada permainan, pikiran dan jiwa kita seolah-olah terserap penuh. Berdasarkan riset yang dilansir oleh The National Center for Biotechnology Information (2018), bermain jigsaw puzzle dapat meningkatkan fungsi kognitif. Selain itu, permainan ini juga mendorong motivasi dari dalam diri sendiri. Apalagi, keseruan bermain jigsaw puzzle akan meningkat saat dilakukan secara bersama-sama.

Hasil penelitian yang diprakarsai oleh The Royal Society of Public Health (2017) membuktikan bahwa gawai pintar dan media sosial memberikan pengaruh pada kesehatan mental. Salah satu poin kunci penelitian ini menyoroti penggunaan media sosial dengan meningkatnya kecemasan, depresi, dan kurang tidur. Bermain jigsaw puzzle dapat mencairkan ketergantungan terhadap gawai. Jigsaw Puzzle dapat menjadi penangkal kecemasan yang efektif karena berbagai alasan:

  • Fokus pada Tugas: Saat Anda memecahkan puzzle, fokus Anda tertuju pada menyelesaikan tugas yang konkret dan terukur. Ini membantu mengalihkan perhatian dari pikiran yang cemas atau berlebihan.
  • Membangkitkan Rasa Pencapaian: Setiap kali Anda berhasil menyelesaikan bagian puzzle atau bahkan keseluruhan puzzle, Anda merasakan rasa pencapaian. Hal ini dapat meningkatkan mood Anda dan mengurangi tingkat kecemasan.
  • Melatih Konsentrasi: Memecahkan puzzle membutuhkan konsentrasi yang tinggi dan kemampuan pemecahan masalah. Dengan melatih konsentrasi Anda, Anda dapat mengurangi pikiran yang berkeliaran dan fokus pada tugas yang ada di hadapan Anda.
  • Memberikan Perasaan Kontrol: Saat Anda memecahkan puzzle, Anda memiliki kendali atas apa yang terjadi. Ini dapat memberikan perasaan keamanan dan kontrol yang membantu mengurangi kecemasan.
  • Mengurangi Stres: Aktivitas yang repetitif dan terstruktur seperti memecahkan puzzle dapat memiliki efek menenangkan pada otak dan sistem saraf, sehingga membantu mengurangi stres dan kecemasan.
  • Menghibur: Memecahkan puzzle juga dapat menjadi aktivitas yang menghibur dan menyenangkan. Ini dapat menjadi bentuk rekreasi yang menyenangkan dan melepas tekanan.
  • Mendorong Kolaborasi: Memecahkan puzzle bersama orang lain dapat menjadi pengalaman sosial yang menyenangkan dan memperkuat hubungan. Ini dapat membantu mengurangi rasa kesepian dan meningkatkan kesejahteraan mental.

Keping-keping jigsaw puzzle berjumlah ratusan bahkan hingga ribuan. Ketika ratusan hingga ribuan keping ini disusun, maka terciptalah satu gambar yang utuh. Kemampuan kita untuk membayangkan gambar utuh dari keping-keping yang terserak-serak. Melalui inilah kita mengasah kemampuan visual-spasial. Apalagi, setiap keping permainan ini memiliki variasi yang sangat beraneka rupa dan warna. Ragam warna dan bentuk ini lalu disatukan demi membentuk sebuah gambar utuh. Keterampilan ini melatih kita untuk memberi perhatian pada hal-hal yang mendetail. Dengan demikian, melibatkan diri dalam memecahkan puzzle bisa menjadi salah satu cara yang efektif untuk mengatasi kecemasan dan meningkatkan kesejahteraan mental Anda.

#kesehatanmental #motivasi #konsentrasi #artikel #novmi #mufakatalbannaindonesia #kalibaru #cilincing #jakartautara

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *