Keutamaan atau Manfaat Sholat Tarawih

Shalat Tarawih, salah satu ibadah sunnah yang dilaksanakan pada bulan suci Ramadhan. Ibadah ini sangat dianjurkan bagi setiap muslim yang melaksanakan puasa Ramadhan Tarawih adalah salah satu bentuk ibadah malam yang dilakukan selama bulan Ramadhan, khususnya setelah menunaikan salat Isya’. Berikut adalah beberapa keutamaan atau manfaat yang terkait dengan pelaksanaan Tarawih:

  1. Amalan Sunnah:

Melaksanakan Tarawih merupakan amalan sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Ini berarti bahwa meskipun tidak diwajibkan, melaksanakan Tarawih adalah tindakan yang sangat dianjurkan dan diperoleh pahalanya.

  1. Multipel Pahala:

Menurut hadis, setiap rakaat Tarawih akan memberikan pahala seperti pahala rakaat-rakaat shalat sunnah yang dikerjakan selama 80 tahun. Oleh karena itu, melaksanakan Tarawih memberikan peluang untuk memperoleh pahala yang besar.

3. Menghapus Dosa:

Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa shalat malam, termasuk Tarawih, dapat menghapus dosa-dosa yang telah dilakukan selama siang hari.

  1. Meningkatkan Ketaqwaan:

Tarawih dapat membantu meningkatkan ketaqwaan dan kesadaran spiritual. Melalui ibadah malam ini, seorang Muslim dapat mendekatkan diri kepada Allah dan memperdalam hubungan spiritualnya.

  1. Peluang Istighfar dan Doa:

Ibadah Tarawih memberikan peluang untuk melakukan istighfar (memohon ampun) dan berdoa. Malam Ramadhan merupakan waktu yang diberkahi untuk memohon ampun dan mengajukan doa kepada Allah SWT.

  1. Tradisi Rasulullah SAW:

Rasulullah SAW secara rutin melaksanakan Tarawih selama bulan Ramadhan, meskipun beliau tidak selalu melakukannya secara berjamaah di masjid. Oleh karena itu, mengikuti tradisi Rasulullah merupakan suatu keberkahan dan tindakan yang dianjurkan.

  1. Membangun Kebersamaan Umat:

Tarawih sering dilaksanakan secara berjamaah di masjid, sehingga membantu membangun kebersamaan dan solidaritas di antara umat Islam yang berkumpul untuk beribadah bersama.

  1. Peluang untuk Menghafal Al-Qur’an:

Banyak orang memanfaatkan waktu Tarawih untuk membaca atau menghafal Al-Qur’an. Seiring dengan menyimak bacaan imam, umat Islam dapat memperdalam pemahaman dan hafalan mereka terhadap kitab suci.

Shalat Tarawih juga memiliki manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Ibadah ini dapat membantu melatih kesabaran dan ketahanan tubuh selama puasa, serta meningkatkan kualitas tidur dan relaksasi di malam hari. Selain itu, melaksanakan shalat Tarawih bersama-sama dengan sesama muslim dapat mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan rasa kebersamaan dalam menjalankan ibadah. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu sesungguhnya Rasulullah Shallallahu Alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ قامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa yang melaksanakan qiyam Ramadan dengan penuh keimanan dan mengharap pahala kepada Allah, akan diampuni baginya dosa-dosanya yang telah lalu.”

Melaksanakan Tarawih dengan penuh khusyuk dan keikhlasan merupakan bentuk ibadah yang sangat diberkahi dan memberikan manfaat besar bagi kehidupan spiritual seorang Muslim. Dengan demikian, melaksanakan shalat Tarawih adalah suatu keharusan bagi setiap muslim yang ingin meraih keutamaan dan pahala yang besar di bulan suci Ramadhan. Ibadah ini juga dapat membantu menjaga kesehatan fisik dan mental, serta mempererat tali silaturahmi dengan sesama muslim. Mari tingkatkan kualitas ibadah kita pada bulan suci ini dengan melaksanakan shalat Tarawih dengan penuh keikhlasan dan iman.

#artikel #ramadhan #agama #bulansuci #motivasi #kalibaru #novmi #sholat #sholattarawih #cilincing #mufakatalbannaindonesia #jakartautara

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *