SIAPKAN THR UNTUK ZAKAT

Jelang akhir Ramadhan, biasanya banyak karyawan yang sudah mendapatkan tunjangan hari raya atau THR. Mungkin, sahabat salah satu yang sudah menerima THR. Nah biasanya setelah menerima THR, kita langsung membaginya untuk membeli semua perlengkapan di hari raya. Eiiiiiiiits tapi ingat, jangan lupa untuk menyiapkan dana khusus untuk membayar zakat fitrah. Tentu kita semua tahu bahwa zakat fitrah menjelang Hari Raya hukumnya wajib. Maka dari itu, jangan sampai kita melupakan anggaran untuk membayar zakat dari THR.

Majikan biasanya memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada karyawannya menjelang Hari Raya, seperti Idul Fitri, sebagai bentuk insentif atau bonus. Namun, jika Anda ingin menyiapkan “THR untuk zakat”, artinya Anda ingin menyiapkan dana untuk memberikan zakat kepada mereka yang membutuhkan, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

  1. Hitung Nisab: Pastikan Anda telah menghitung nisab (ambang batas) zakat. Seseorang wajib membayar zakat jika memiliki jumlah minimum harta yang disebut Nisab, yang dapat bervariasi tergantung pada jenis harta yang dimilikinya.
  2. Hitung Jumlah Harta: Hitung jumlah harta Anda, termasuk uang tunai, tabungan, investasi, dan harta lainnya yang Anda miliki. Pastikan jumlahnya melebihi nisab.
  3. Hitung Zakat: Hitunglah zakat dengan mengenakan tarif sebesar 2,5% dari total harta yang telah mencapai nisab setelah berlalu satu tahun. Jadi, hitung jumlah zakat yang harus Anda bayarkan berdasarkan harta yang Anda miliki.
  4. Persiapkan Dana: Siapkanlah dana yang dibutuhkan untuk membayar zakat sesuai dengan perhitungan Anda.. Pastikan Anda memiliki dana yang cukup untuk membantu mereka yang membutuhkan.
  5. Distribusikan Zakat: Setelah Anda menyiapkan dana zakat, pastikan untuk mendistribusikannya kepada yang berhak menerimanya. Anda dapat memberikannya kepada lembaga amil zakat terpercaya atau langsung menyalurkannya kepada individu atau keluarga yang membutuhkan.
  6. Lakukan dengan Niat yang Murni: Ketika Anda membayar zakat, lakukanlah dengan niat yang tulus dan murni, dengan tujuan membantu mereka yang membutuhkan dan meraih keberkahan dari Allah SWT.

Sahabat bisa menyisihkan 5% hingga 10% dari THR yang didapat untuk zakat fitrah. Selain itu, sahabat juga bisa menyediakan uang lebih untuk sedekah bagi orang-orang yang membutuhkan.Semoga langkah-langkah di atas membantu Anda menyiapkan “THR untuk zakat” dengan baik dan bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan.

Selamat mengatur keuangan sahabat, jangan lupa tunaikan kewajiban berzakat!

klik:
https://indonesiaberamal.com/zakat

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *