SYARAT ZAKAT FITRAH

Setiap muslim yang telah mencapai batas tertentu wajib mengeluarkan zakat fitrah pada bulan Ramadan sebelum pelaksanaan sholat Idul Fitri. Tujuan zakat fitrah adalah untuk membersihkan diri dari dosa-dosa yang terjadi selama menjalankan ibadah puasa dan untuk membantu mereka yang membutuhkan agar dapat merayakan Idul Fitri dengan layak. Jumlah zakat fitrah yang wajib dikeluarkan biasanya setara dengan satu sa’ (sekitar 2,7 kilogram) dari makanan pokok setempat, seperti beras, gandum, atau kurma.

Orang biasanya mengeluarkan zakat fitrah dalam bentuk makanan pokok tersebut atau nilainya dalam bentuk uang, dan biasanya mereka menyalurkannya kepada mereka yang berhak menerima zakat, seperti fakir miskin atau mereka yang membutuhkan. Proses pembayaran zakat fitrah biasanya dilakukan sebelum sholat Idul Fitri agar mereka yang membutuhkan dapat memanfaatkannya untuk merayakan Idul Fitri dengan lebih layak.. Syarat wajib zakat fitrah adalah sebagai berikut:

  1. Muslim: Orang yang wajib membayar zakat fitrah haruslah seorang Muslim.
  2. Merdeka: Orang tersebut harus merdeka secara hukum, artinya tidak menjadi budak atau tawanan.
  3. Memiliki Kekayaan yang Mencukupi: Orang tersebut harus memiliki kekayaan yang mencukupi untuk membayar zakat fitrah. Ini berarti seseorang memiliki harta yang melebihi kebutuhan pokok dan hutang yang harus mereka bayarkan.
  4. Tidak Punya Hutang: Orang tersebut tidak memiliki hutang yang harus mereka bayarkan lebih dulu sebelum membayar zakat fitrah.
  5. Tidak Mempunyai Kewajiban Lebih Penting yang Harus Dipenuhi: Orang tersebut tidak memiliki kewajiban yang lebih penting yang harus mereka penuhi, seperti membayar utang atau memberi makan keluarga yang memerlukan.
  6. Mencapai Batas Minimum: Mencapai batas minimum harta tertentu adalah syarat yang ditetapkan untuk wajib membayar zakat fitrah. Batas minimum ini biasanya berupa satu sa’ (sekitar 2,7 kilogram) dari makanan pokok setempat, seperti beras, gandum, atau kurma.
  7. Bukan Bagian dari Keluarga yang Harus Dibenarkan: Orang tersebut tidak memiliki kewajiban untuk memberi nafkah kepada keluarga yang termasuk dalam kategori yang harus diberi nafkah, seperti anak-anak yang masih di bawah tanggungan orang tua atau keluarga yang miskin yang diberi nafkah.

Sahabat, mari kita mulai menghitung dan segera tunaikan kewajiban membayar zakat fitrah sebagai pelengkap ibadah di bulan Ramadan. Jika seseorang memenuhi syarat-syarat ini, maka dia wajib membayar zakat fitrah pada bulan Ramadan sebelum pelaksanaan sholat Idul Fitri. Zakat fitrah bertujuan untuk membersihkan diri dari dosa dan kesalahan yang terjadi selama menjalankan ibadah puasa, serta membantu mereka yang membutuhkan untuk merayakan Idul Fitri dengan layak.

Transfer zakat:
BCA 414 049 1000
Bank Syariah Mandiri 708 995 2403
Konfirmasi transfer via WA Center di 0821 1241 5262
Yuk jangan ragu, raih keberkahan rezeki dengan berzakat #TumbuhkanManfaat untuk sesama yang membutuhkan.

#ramadhan #artikel #zakatfitrah #zakat #mufakatalbannaindonesia #tumbuhkanmanfaat #darikamuuntuksesama

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *