Jangan Malu Bersedekah Walaupun Sedikit

Sedekah merupakan salah satu dari sekian banyak amalan yang dianjurkan oleh rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Dimana sedekah juga merupakan amalan yang memberikan banyak manfaat, pemantik keberkahan serta pembuka pintu-pintu rezeki seorang hamba yang menunaikannya.

Tak heran, jika seorang hamba yang senantiasa bersedekah selalu Allah berikan rezeki dari arah yang tidak pernah diduga olehnya. Karena sedekah tidak harus memiliki harta yang banyak, baik sedikit maupun banyak sedekah yang dikeluarkan.

Semua itu kembali kepada keikhlasan seseorang dalam beramal. Maka jangan merasa malu untuk bersedekah walaupun sedikit.

“Amalan yang paling dicintai Allah adalah amalan yang berkelanjutan walaupun itu sedikit, (Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim)”.

Barangsiapa yang bersedekah karena lillahi ta’ala maka Allah memberkahi hidupnya. Terlebih lagi bersedekah mampu menjadi jembatan silaturrahmi antara yang mampu dengan yang lemah ekonominya.

Sedekah sedikit namun dibarengi dengan hati yang ikhlas, tanpa pamrih apalagi unsur riya’ di hati, ini lebih baik dari sedekah dengan jumlah banyak namun terus diungkit dan diingat sepanjang waktu. Sedekah sedikit namun tak pernah berharap mendapat imbalan atau pujian di dunia, ini justru lebih berkah jika dibandingkan dengan sedekah banyak namun dipamer-pamerkan.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

وَاَ نْفِقُوْا فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَلَا تُلْقُوْا بِاَ يْدِيْكُمْ اِلَى التَّهْلُكَةِ  ۛ  وَاَ حْسِنُوْا  ۛ  اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِيْنَ

“Dan infakkanlah (hartamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu jatuhkan (diri sendiri) ke dalam kebinasaan dengan tangan sendiri, dan berbuat baiklah. Sungguh, Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 195)

Jadi jangan pernah malu walau bersedekah dengan jumlah yang sedikit, jika memang itu kemampuan kita. Tapi malulah ketika kita diberi begitu banyak nikmat oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. namun kita tidak ingat untuk bersedekah dan berbagi kepada orang lain.

“Jangan pernah merasa malu ketika hanya mampu memberi sedikit untuk bersedekah, karena selalu ada kebaikan dalam berbagi, tidak peduli seberapa kecil yang kamu berikan.” -Ali bin Abi Thalib.

Sekecil apapun sedekah yang kita berikan, insyaallah semua itu pasti sangat bermakna bagi orang-orang lain yang membutuhkan. Bahkan sekedar memberi makan atau minum kepada orang yang sedang berpuasa. Allah menjanjikan pahala yang begitu besar yakni senilai dengan pahala orang yang berpuasa tersebut.

Semoga kita termasuk orang-orang yang oleh Allah SWT diberikan nikmat istiqomah dalam bersedekah. Juga semoga dilapangkan rezekinya oleh Allah sehingga mampu bersedekah dan memberikan manfaat bagi yang membutuhkan. Wallahu A’lam Bisshawab

By : Novmi

Janganmaluuntukbersedekah #bersyukur #artikel #motivasiislam #yayasanmufakat #mabifoundation #kalibaru #cilincing #jakartautara

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *