Janganlah Kamu Berbuat Zalim Sesama Muslim

Islam adalah agama yang penuh keadilan dan jauh dari kezaliman. Oleh karena itu Islam juga memerintahkan untuk berbuat adil dan melarang berbuat zalim. Sebagai sesama umat, sudah sepatutnya kita untuk selalu menjaga sikap satu sama lain. Pasalanya, umat Muslim disatukan dalam sebuah tiang yang dinamakan ukhwah islamiyah. Dengan persaudaraan yang erat dapat berdampak dengan semakin kuatnya tali silaturahmi serta saling berbondong untuk membantu umat Muslim yang lain saat diterpa kesulitan.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

اِنَّمَا الْمُؤْمِنُوْنَ اِخْوَةٌ فَاَ صْلِحُوْا بَيْنَ اَخَوَيْكُمْ وَا تَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ

“Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat.” (QS. Al-Hujurat 49: Ayat 10)

Ukhuwah Islamiyah memiliki peran penting dalam membangun hubungan yang harmonis dan kuat di antara sesama Muslim. Melalui ukhuwah, tercipta rasa persatuan dan kebersamaan yang juga mengajarkan nilai-nilai kasih sayang, saling peduli, dan saling membantu. Bila sesama Islam dia adalah saudara dunia akhirat Oleh sebab itu, jangan karena terjadi bentrokan kecil atau salah paham menyebabkan rusaknya ukhwa Islamiyah. Artinya : “Orang Muslim sesama muslim adalah saudara tidak boleh saling menzalimi dan dizalimi.” Sebaliknya, jika terjadi perpecahan maka Muslim dianjurkan untuk segera mendamaikan kedua pihak yang bersengketa. 

“Dari Ibnu Syihab bahwa Salim mengabarkannya bahwa Abdullah bin Umar RA mengabarkannya bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Muslim itu adalah saudara muslim yang lain, jangan berbuat aniaya dan jangan membiarkannya melakukan aniaya. Orang yang melonggarkan satu kesulitan dari seorang muslim, maka Allah melonggarkan satu kesulitan di antara kesulitan-kesulitan pada hari kiamat. Orang yang menutupi aib saudaranya, maka Allah akan menutupi kekurangannya pada hari kiamat.”

Allah SWT telah memperingatkan untuk tidak saling berbuat zalim antarsesama dalam hadist Qusdy, “Wahai hambaku, sesungguhnya aku telah mengharamkan kezaliman terhadap diriku dan menjadikannya di antara kalian dilarang , maka janganlah kalian menzalimi.” (HR Muslim).  Allah tidak akan membiarkan seorang yang zalim terhadap sesama. Seseorang tidak akan terhindar dari dosa zalim ini dengan hanya sekedar berhenti dan menyesali pebuatan yang dilakukan.

#berdoa #bekerjakeras #kerjakeras #doapagi #islamicupdate #remindertomyself #muhasabahdiri #motivasikehidupan #motivasipagi #motivasiislami #nasihatdiri #zalim #artikel #novmi #mufakatalbannaindonesia #cilincing #kalibaru

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *