Rencanamu Tak Seindah Rencana Allah SWT

Tak terasa waktu memang cepat berlalu, seperti saat ini ternyata kita sudah di pertengahan tahun 2023. Tentu masih ingat dong, rencana-rencana yang ingin kamu capai di tahun 2023 ini. 

Apakan sudah ada berapa yang tercapai atau bahkan ada yang belum tercapai sama sekali ?.

Bila masih ada yang belum tercapai, sedangkan kamu sudah berusaha dan berdoa dengan maksimal dan setulus hati. Tak usah sedih, karena sebaik-baik rencana manusia, rencana Tuhan jauh lebih baik. Takdir Allah sudah ditetapkan jauh sebelum manusia ada. Mulai dari jodoh, rezeki, dan maut, semua telah diatur dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu, umat Muslim harus meyakini bahwa rencana Allah yang terbaik.

Setiap manusia memiliki rencana untuk kehidupannya masing-masing, begitu pula dengan Sang Pencipta. Seringkali sebagai manusia kita mengalami kegagalan dalam apa yang kita rencanakan padahal kita sudah berusaha sebaik mungkin untuk mewujudkannya. Jika ada beberapa rencana yang tidak sesuai harapan kita itu hal yang wajar dalam hidup. Ada banyak hal yang berada di luar kendali kita, tak terduga, dan mungkin harus membuat semua rencana dari awal lagi.

Ketetapan Allah tidak akan membawa manusia pada kesesatan. Justru sebaliknya, akan membawa manusia pada kehidupan yang aman dan tentram. Sehingga, tidak perlu ada keraguan dalam hati mengenai rencana Allah yang akan datang. 

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

كُتِبَ عَلَيْکُمُ الْقِتَا لُ وَهُوَ كُرْهٌ لَّـكُمْ ۚ وَعَسٰۤى اَنْ تَكْرَهُوْا شَيْــئًا وَّهُوَ خَيْرٌ لَّـکُمْ ۚ وَعَسٰۤى اَنْ تُحِبُّوْا شَيْــئًا وَّهُوَ شَرٌّ لَّـكُمْ ۗ وَا للّٰهُ يَعْلَمُ وَاَ نْـتُمْ لَا تَعْلَمُوْنَ

“Diwajibkan atas kamu berperang, padahal itu tidak menyenangkan bagimu. Tetapi boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.”

(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 216)

Kita sebagai manusia hanya dapat merencanakan, akan tetapi semua yang telah direncanakan oleh manusia, Allah lah yang nantinya akan menentukan, karena pilihan Allah adalah yang terbaik bagi hamba-hamba, maka jangankah berharap terhadap rencana manusia, belum tentu yang direncanakan menjadi yang terbaik baginya, berharaplah kepada Sang Pencipta alam ini. 

Syaikh Shalih al-‘Utsaimin rahimahullah berkata:

“Janganlah setiap dari kalian membenci sesuatu yang telah Allah SWT tetapkan, karena sejatinya Allah SWT telah menentukan sesuatu kemaslahatan besar yang kalian tidak mengetahui darinya.”

Janganlah kamu berputus asa karena Allah ingin memberikan rasa optimistis dalam diri hamba-Nya. Percayalah bahwa Allah sudah menyiapkan rencana yang lebih baik ke depannya untuk kita. Apa pun yang terjadi dengan hidupmu saat ini, yakinlah Tuhan telah merencanakan hal terbaik untuk kita. Jika tidak untuk saat ini, sesuai waktu-Nya, kita mendapatkan hal terbaik dari-Nya.

#artikel #percayaallah #manusia #novmi  #rencanaallahlebihindah #bertawakal #berusaha #ikhtiar #optimis #mabifoundation #kalibaru #cilincing #jakartautara

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *