Tetap Rendah Hati Yah,,,

Dalam Islam, rendah hati disebut juga dengan tawadhu. Ini merupakan akhlak terpuji dalam Islam, karena seseorang menempatkan dirinya lebih rendah di hadapan Allah SWT. Sikap rendah hati merupakan sikap di mana seseorang tidak merasa sombong mengenai apa yang dia miliki. Hal tersebut bisa berupa harta benda, kecerdasan, maupun status yang orang tersebut punya.

Seperti yang sudah ketahui, sikap rendah hati merupakan sikap yang disukai banyak orang. “Nabi SAW bersabda: ‘Barang siapa yang tawadhu’ (rendah hati) karena Allah, maka Allah akan mengangkat (derajat) nya (di dunia dan akhirat). Dan siapa yang sombong maka Allah akan merendahkannya.” (HR Imam Ibnu Mandah dan Imam Abu Nu’aim).

#Sahabatmabi bisa memastikan ke lingkaran pertemananmu, dan melihat bahwa orang-orang yang memiliki sikap rendah hati akan dikelilingi oleh banyak orang karena sikapnya itu.

“Kerendahan hati adalah langkah pertama menuju keselamatan.” – Zac Poonen

Cara Menumbuhkan Sikap Rendah Hati :

  1. Mengajari Berbagi
  2. Mengajari Sopan Santun
  3. Maaf, Tolong, dan Terima Kasih
  4. Menjadi Teladan
  5. Mengapresiasi dan Memberi Pujian

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

وَلَا تَمْشِ فِى الْاَ رْضِ مَرَحًا ۚ اِنَّكَ لَنْ تَخْرِقَ الْاَ رْضَ وَلَنْ تَبْلُغَ الْجِبَا لَ طُوْلًا

“Dan janganlah engkau berjalan di bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya engkau tidak akan dapat menembus bumi dan tidak akan mampu menjulang setinggi gunung.”
(QS. Al-Isra’ 17: Ayat 37)

Oleh karena itu, alangkah baiknya bagi kita semua untuk memilih bersikap baik dalam lingkungan keseharian kita. Jika memungkinkan, kita bisa mencoba untuk menerapkan sikap-sikap baik lainnya seperti jujur dalam berbicara, mau menolong sesama, serta sopan dalam bertindak dan bertutur.

By : Novmi

rendahhati #tidaksombong #tawaddu #baikhati #mabifoundation #kalibaru #cilincing #jakartautara

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *