6 Ciri-ciri Lingkungan Kerja Toxic

Pernahkah kamu merasa tidak nyaman saat sedang bekerja, entah karena budaya pekerjaan maupun rekan-rekan di sekitarmu? Bisa saja itu pertanda bahwa kamu terjebak dalam lingkungan kerja toxic. 

Lingkungan kerja toxic adalah keadaan yang mengacu pada tidak seimbangnya budaya, situasi, serta profesionalitas antar rekan dalam pekerjaan. Kondisi berikut bisa menimbulkan dampak besar bagi karyawan sekaligus terhadap keberlangsungan perusahaan.

Bagi pekerja, lingkungan kerja toxic dapat mempengaruhi kesehatan fisik seperti stress dan gangguan tidur. Selain itu, tidak sehatnya lingkungan kerja juga dapat menimbulkan efek mental, misalnya seperti anxiety, burnout hingga depresi. Sementara itu bagi perusahan, kerusakan sistem operasional secara tidak langsung berhubungan dengan performa produksi maupun penjualan. Oleh karena itu, apabila prosedur kerja yang toxic tidak segera ditangani, maka besar kemungkinan akan menjalar kepada kebangkrutan usaha.

Coba tanyakan kepada diri sendiri, bagaimana kondisi tidur kamu? Apakah bisa dilakukan secara teratur setidaknya delapan jam? Seperti apa pola makan kamu? Apakah sering terlalu stres hingga nafsu makan berkurang, atau malah cenderung makan dalam porsi yang berlebihan? Apakah kamu merasa aman di rumah dan di tempat kerja?

Jika jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini menimbulkan tanda-tanda bahaya, maka inilah saatnya menilai lingkungan kerja dan kantor kamu penyebab dari hal-hal tersebut. 

Lingkungan kerja yang toxic menampilkan dirinya dengan cara yang berbeda. Mengetahui apa yang harus diwaspadai dapat membantu Anda mengidentifikasi hal-hal negatif di tempat kerja Anda, memungkinkan Anda menanganinya dengan lebih efisien dan berhasil. 6 Ciri-ciri Lingkungan Kerja Toxic :

1. Kesehatan Karyawan yang Terganggu

2. Kepemimpinan Narsistik

3. Antusiasme Rendah

4. Komunikasi yang Tidak Terjalin

5. Tingkat Turnover Tinggi

6. Lingkungan yang Penuh Dengan Gosip dan Rumor

Ketika kamu sedang berada dalam lingkungan kerja yang tidak baik atau toxic, maka penting sekali untuk menghadapi lingkungan kerja dengan sifat yang positif dan produktif. Jika berada dalam lingkungan kerja yang kurang mendukung, maka kinerja dari para karyawan menjadi salah satu hal penting untuk diperhatikan para pemilik usaha. Hal ini dilakukan agar kantor atau perusahaan memiliki suasana bekerja yang nyaman. 

Apakah Anda dapat mengubah lingkungan kerja yang toxic? Bisa! Akan tetapi sulit! Alangkah baiknya, Anda mencoba untuk menempatkan diri dalam circle yang lebih kecil. Lalu, jangan lupa juga untuk melakukan pekerjaan yang terbaik untuk menghindari drama apa pun yang ada di kantor. Dan yang terpenting, fokus pada tujuan Anda di luar pekerjaan. Jika Anda terjebak di situasi tersebut, dengarkan tubuh dan minta bantuan orang terdekat, atau Anda bisa mulai mempertimbangkan untuk resign. 

#artikel #toxic #kantor #seputarpekerjaan  #lingkungankerjaantoxic #novmi #mabifoundation #kalibaru #cilincing #jakartautara

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *