Al-Quran sebagai Solusi

Setiap agama memiliki pedoman. Satu-satunya pedoman dasar dan terbesar dalam Islam ialah Al-Quran.

Segala macam permasalahan hidup, permasalahan beragama, yang menyangkut permasalahan manusia terhadap manusia lainnya, permasalahan manusia dengan penciptanya, dan berbagai permasalahan lainnya yang begitu kompleks semua
ada dalam Al-Quran.

Alquran yang diturunkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’aala adalah sebagai petunjuk bagi umat manusia. Alquran tidak ada keraguan padanya. Ayat-ayatnya sungguh jelas dan pasti, sebagai penjelas dari petunjuk dan kebenaran, pemberi kabar gembira dan pembawa peringatan, penerang serta pemberi cahaya menuju jalan lurus.

Barangsiapa yang memilih pedoman hidup selainnya, maka Allah akan menyesatkannya dan barangsiapa yang menolaknya, maka Allah akan membinasakan.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

ذٰلِكَ الْكِتٰبُ لَا رَيْبَ  ۛ  فِيْهِ  ۛ هُدًى لِّلْمُتَّقِيْنَ 

“Kitab (Al-Qur’an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa,” (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 2).

Al Quran adalah pedoman hidup yang benar-benar dapat memberi petunjuk dan memandu umat manusia menuju kearah keselamatan hidup di dunia dan di akhirat, Iainnya berfungsi sebagai rahmat dan syifa’, penawar hati yang gundah gulana, penawar jiwa yang resah dan gelisah. Bagi yang mengamalkannya diberikan jaminan oleh al-Quran dengan balasan pahala yang besar, sebaliknya sekiranya manusia sendiri telah mengabaikan dan menyeleweng dari ajarannya serta enggan untuk patuh dan ta’at kepadanya, pasti mereka mengalami kerugian yang membawa kekecewaan disepanjang kehidupannya.

Sekecil apapun permasalahan hidup itu jika tidak ada pertolongan dari Allah tentunya tidak akan bisa selesai dan sebesar apapun permasalahan hidup jika Allah menurunkan pertolongan-Nya, pasti akan selesai agar Allah menolong untuk menyelesaikan persoalan hidup kita.

Al-Qur’an adalah sumber solusi dari segala permasalahan yang ada. Semoga kita senantiasa mendekatkan diri kepada Al-Qur’an dengan terus membaca, menghafal, mentadaburi, dan mengamalkan isi Al-Qur’an.

Oleh karena itu, kita harus berpedoman kepada Alquran. Jika kita ingin selamat dunia dan akhirat.

By : Novmi

alquraan #pedomanmanusia #motivasiislam #yayasanmufakatalbannaindonesia #kalibaru #Cilincing #jakartautara

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *