5 Amalan Di Bulan Suci Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia dan merupakan momen yang agung. Allah memperbesar pahala serta memperbanyak anugerah di dalamnya. 

Pintu-pintu kebaikan dibukakan bagi setiap orang yang bersemangat meraihnya. Rasulullah shallallahu‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ، وَغُلِقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ، وَصُفِّدَتْ الشَّيَاطِيْنُ

“Apabila tiba Ramadhan, maka dibukalah pintu-pintu surga, dikunci rapat-rapatlah pintu-pintu neraka, dan diikatlah berbagai setan” (HR. Bukhari dan Muslim).

Sesungguhnya bulan Ramadhan yang mulia ini akan terasa begitu singkat. Hari-harinya akan berlalu begitu cepat, meninggalkan kita penuh penyesalan jika tidak segera tersadar untuk mengisinya dengan berbagai kebaikan. Karenanya, tanpa mengetahui seluk beluk dan keutamaan ragam amal dalam Ramadhan, bisa jadi Ramadhan yang singkat akan benar-benar berlalu begitu saja, nyaris tanpa amal dan kenangan yang berarti. 

Berikut 5 amalan di bulan suci ramadhan, Insya Allah akan menjadikan Ramadhan kita lebih bermakna insya Allah. 

1. Puasa Ramadhan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, banyak sekali keistimewaan pada bulan Ramadhan. Tidak hanya tentang menahan lapar dan haus, namun hawa nafsu manusia itu sendiri. Hal ini semata-mata agar kita dapat mengendalikan diri lebih baik lagi.

2. Shalat Tarawih dan Tahajud

Saat bulan suci Ramadhan telah tiba, usahakan untuk menunaikan shalat tarawih dengan baik dan benar. Menunaikan shalat tarawih merupakan amalan yang ditekankan oleh Allah, agar menyempurnakan ibadah puasa Anda.

3. Sedekah

kalau yang satu ini jangan sampai tertinggal karena amalan tersebut menjadi cara untuk mendapatkan keberkahan dari setiap rezeki yang diberikan oleh Allah. Mulai membiasakan diri menyisihkan sebagian rezeki, agar dapat memberikan pertolongan kepada orang-orang kurang mampu, misalnya membagikan makanan atau memberikan hidangan berbuka puasa.

4. Membaca Al-Qur’an

Membaca Al-Quran juga merupakan amalan baik yang perlu diperhatikan. Berhubung bulan penuh berkah, rajinlah membaca Al-Quran setelah shalat 5 waktu dan tarawih. Niscaya, kemudahan dan keberkahan Allah senantiasa mendampingi setiap kegiatan Anda.

5. I’tikaf Akhir Ramadhan

I’tikaf merupakan aktivitas ibadah yang terdapat berbagai macam ketaatan, baik berupa sholat, zikir, tadarrus, doa, kontenplasi diri dan segalanya hal untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah.

Dengan mengamalkan kebaikan pada bulan Ramadhan dapat menjadi cara memohon ampun atas dosa-dosa yang telah dilakukan, Insya Allah mendapatkan hidayah agar tetap istiqomah dalam mencari keridhaan Allah SWT.

By : Novmi

#bulansuciramadhan #amalanamalan #yayasanmufakatindonesia #darikamuuntuksesama #motivasi #cilincing #kalibaru

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *