Apa Itu Harga Diri


Sudah banyak nasehat untuk mendorong kita agar lebih percaya diri, lebih mencintai dan menghargai diri sendiri dalam hidup. Memiliki harga diri yang tinggi memang disebut sebagai kunci utama hidup sukses dan bahagia.

Harga diri adalah pandangan keseluruhan dari individu tentang dirinya sendiri. Individu melakukan penilaian terhadap hal-hal yang berkaitan dengan dirinya. Harga diri juga mencakup bagaimana individu memandang dirinya sebagai pribadi yang cakap, berharga, serta berhasil. Penghargaan diri juga kadang dinamakan martabat diri atau gambaran diri. 

Harga diri merupakan salah satu nilai yang harus diakui oleh setiap individu. Harga diri merupakan komponen yang mempengaruhi motivasi, moral, dan kualitas hidup. Dalam psikologi, harga diri adalah istilah yang juga dikenal sebagai self-esteem. Bagaimana harga diri berkembang… Berikut faktor yang memengaruhi harga diri :

– Pikiran dan persepsi

– Bagaimana orang lain bereaksi terhadap individu

– Pengalaman di rumah, sekolah, tempat kerja dan di masyarakat

– Penyakit, cacat, atau cedera

– Usia

– Peran dan status dalam masyarakat

– Pesan media

– Perasaan aman

– Identitas

– Rasa memiliki

– Perasaan kompetensi

Harga diri adalah konsep yang berkaitan dengan pengetahuan diri dan cinta diri. Harga diri merupakan suatu nilai yang dapat ditentukan oleh banyak faktor. Menyadari harga diri adalah penting karena juga akan mempengaruhi pengambilan keputusan dalam hidup. Harga diri dibentuk oleh pikiran, hubungan, dan pengalaman. Ketika seseorang memiliki harga diri yang sehat, ia merasa baik tentang diri sendiri dan melihat dirinya layak dihormati orang lain. Ketika seseorang memiliki harga diri yang rendah, ia tidak menghargai pendapat dan idenya. Ia mungkin terus-menerus khawatir bahwa dia tidak cukup baik.

Harga diri adalah tingkat di mana seseorang menilai, menghargai, dan menyetujui diri mereka sendiri. Biasanya, harga diri yang rendah selalu dikaitkan dengan konsekuensi kehidupan yang negatif, sementara itu harga diri yang lebih tinggi bisa dikatakan terkait dengan pengalaman hidup yang relatif lebih positif. Harga diri adalah sesuatu yang dapat diubah, tergantung pada keinginan individu. Dengan demikian, orang yang memiliki harga diri adalah orang yang mampu menampilkan kemuliaan dirinya, menjaga kehormatannya, dan menahan diri dari dorongan hawa nafsu, perbuatan maksiat, perilaku yang buruk dan segala sesuatu yang diharamkan oleh syariat. 

#artikel #hargadiri #martabat  #sosial #pendidikan #mabifoundation #kalibaru #cilincing #jakartautara #novmi

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *