Berdoalah untuk apa yang anda kerjakan, Bekerjalah untuk apa yang anda doakan

Ikhtiar yaitu segala perbuatan yang dilakukan manusia untuk mencapai sesuatu yang diinginkan atau suatu usaha yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dalam hidupnya dan dilakukan secara sepenuh hati. Adapun ikhtiar perlu dibarengi dengan doa agar manusia tak merasa bahwa hanya usaha yang dibutuhkan untuk mengubah takdir, melainkan juga doa. Karena tanpa kehendak-Nya, takdir tak akan berubah. 

Doa pun menjadi bagian penting dalam setiap usaha manusia. Berdoa berarti mengetahui bahwa Allah yang menentukan segala usahanya. Doa bisa diartikan sebagai suatu permohonan dan pujian dalam bentuk ucapan dari hamba yang rendah kedudukannya kepada Allah yang mahatinggi.

Menjadi kepentingan kita untuk selalu berdoa dan berusaha. karena setiap orang jika tidak melakukannya itu akan sia-sia dalam hidupnya. “Do’a tanpa usaha itu Bohong dan Usaha tanpa Do’a itu Sombong.” jadi setiap saat kita harus mengingat untuk siapa kita bekerja dan berdoa.

“Bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya, bahwa sesungguhnya usahanya itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya), kemudian dia akan diberi balasan atas (amalnya) itu dengan balasan yang paling sempurna, bahwa sesungguhnya kepada Tuhanmulah kesudahan (segala sesuatu),” Surat An Najm Ayat 39-42.

Seorang hamba perlu tekun berikhtiar dan doa, sebab usaha tanpa doa termasuk menyombongkan diri, dan seakan tak membutuhkan Allah. Sementara berdoa tanpa ikhtiar merupakan hal yang sia-sia. Sembari keduanya dilakukan seseorang harus bertawakal kepada-Nya dengan berserah diri dan membiarkan Allah memutuskan apa yang Terbaik. 

Ikhtiar tanpa doa dan tawakal tak hanya menjadikan seseorang sombong, melainkan juga terlalu ambisius. Menghalalkan segala cara dan kemudian mudah kecewa bahkan depresi saat keinginan dan kebutuhannya tidak tercapai. 

Sebaliknya, saat seseorang tawakal dan atau berdoa saja maka termasuk golongan orang yang bodoh. Tuhan tidak akan mengulurkan tangannya secara langsung kepada hamba-Nya yang hanya meminta. 

#berdoa #bekerjakeras #kerjakeras #doapagi #islamicupdate #remindertomyself #muhasabahdiri #motivasikehidupan #motivasipagi #motivasiislami #nasihatdiri #ikhtiar #tawakal #semangat #mabifoundation #kalibaru #cilincing #jakartautara #novmi 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *