Yakinlah Tuhan Telah Merencanakan Hal Terbaik Untuk Kita.

Setiap manusia memiliki rencana untuk kehidupannya masing-masing, begitu pula dengan sang Pencipta. Seringkali sebagai manusia kita mengalami kegagalan dalam apa yang kita rencanakan padahal kita sudah berusaha sebaik mungkin untuk mewujudkannya. Karena bagaimanapun, sebaik apapun rencana kamu, rencana Tuhan jauh lebih indah untukmu.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

كُتِبَ عَلَيْکُمُ الْقِتَا لُ وَهُوَ كُرْهٌ لَّـكُمْ ۚ وَعَسٰۤى اَنْ تَكْرَهُوْا شَيْــئًا وَّهُوَ خَيْرٌ لَّـکُمْ ۚ وَعَسٰۤى اَنْ تُحِبُّوْا شَيْــئًا وَّهُوَ شَرٌّ لَّـكُمْ ۗ وَا للّٰهُ يَعْلَمُ وَاَ نْـتُمْ لَا تَعْلَمُوْنَ

“Diwajibkan atas kamu berperang, padahal itu tidak menyenangkan bagimu. Tetapi boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.”

(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 216)

Jika memang seseorang mendapatkan hal yang buruk dan tidak sesuai dengan yang direncanakan, itu bisa jadi karena Allah sedang menginginkan seseorang tersebut untuk bermuhasabah dan kembali membangun kedekatan kepadanya. Adapun orang-orang yang rencananya berjalan sesuai dengan yang direncanakan, bisa jadi itu karena Allah menginginkan agar orang tersebut bersyukur.

Meski terkadang rencana yang tidak sesuai dengan keinginan kita membuat kecewa, stres, bahkan ingin mengakhiri hidup, tetapi tetaplah berpikir positif. Allah sebaik-baiknya perencana, yakinilah bahwa apapun itu, selalu ada hikmah di balik rencana-Nya. 

Apabila Yang kita inginkan belum menjadi yang terbaik dalam hidup kita, janganlah membuat kegundahan dalam hidup, Dan putus asa terhadap segala urusan sehingga kita melalaikan tugas sebagimana umat muslim. 

Kita menginginkan hal yang baik, namun Allah memberikan yang benar-benar terbaik. Serahkanlah semuanya kepada Allah. Sesuatu yang menurut kita baik belum tentu baik, tapi sesuatu yang kita anggap tidak baik, itulah yang terbaik menurut Allah. Maka, mari selalu bersangka baik, karena Allah sesuai dengan persangkaan umatnya. 

Ibnul Jauzi rohimahullah berkata:

“Rencana Allah yang telah ditentukan kepadamu adalah sebaik-baik rencana. Terkadang Allah SWT menghalangi rencanamu untuk menguji kesabaranmu, maka perlihatkanlah kepada-Nya kesabaran yang indah. Tak lama kamu akan melihat sesuatu yang menggembirakanmu.”

Apa pun yang terjadi dengan hidupmu saat ini, yakinlah Tuhan telah merencanakan hal terbaik untuk kita. Jika tidak untuk saat ini, sesuai waktu-Nya, kita mendapatkan hal terbaik dari-Nya. Takdir Allah sudah ditetapkan jauh sebelum manusia ada. Mulai dari jodoh, rezeki, pekerjaan, dan maut, semua telah diatur dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu, umat Muslim harus meyakini bahwa rencana Allah yang terbaik.

#berdoa #bekerjakeras #kerjakeras #doapagi #islamicupdate #remindertomyself #muhasabahdiri #motivasikehidupan #motivasipagi #motivasiislami #nasihatdiri #mufakatalbannaindonesia #kalibaru #cilincing #jakartautara #novmi

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *