Doa Setelah Wudhu, Punya Keutamaan Dibukakan 8 Pintu Surga

Wudhu adalah syarat penentu keabsahan sholat. Untuk itu, rangkaian wudhu tersebut perlu diakhiri dengan bacaan doa setelah wudhu yang tepat.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْۤا اِذَا قُمْتُمْ اِلَى الصَّلٰوةِ فَا غْسِلُوْا وُجُوْهَكُمْ وَاَ يْدِيَكُمْ اِلَى الْمَرَا فِقِ وَا مْسَحُوْا بِرُءُوْسِكُمْ وَاَ رْجُلَكُمْ اِلَى الْـكَعْبَيْنِ ۗ وَاِ نْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَا طَّهَّرُوْا ۗ وَاِ نْ كُنْتُمْ مَّرْضٰۤى اَوْ عَلٰى سَفَرٍ اَوْ جَآءَ اَحَدٌ مِّنْكُمْ مِّنَ الْغَآئِطِ اَوْ لٰمَسْتُمُ النِّسَآءَ فَلَمْ تَجِدُوْا مَآءً فَتَيَمَّمُوْا صَعِيْدًا طَيِّبًا فَا مْسَحُوْا بِوُجُوْهِكُمْ وَاَ يْدِيْكُمْ مِّنْهُ ۗ مَا يُرِيْدُ اللّٰهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِّنْ حَرَجٍ وَّلٰـكِنْ يُّرِيْدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَ لِيُتِمَّ نِعْمَتَهٗ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

“Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu hendak melaksanakan sholat, maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai ke kedua mata kaki. Jika kamu junub, maka mandilah. Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, maka jika kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan debu yang baik (suci); usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (debu) itu. Allah tidak ingin menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, agar kamu bersyukur.” (QS. Al-Ma’idah 5: Ayat 6)

Keutamaan makin lengkap jika seorang muslim membaca doa usai wudhu, seperti dijelaskan dalam video berjudul Inilah salah satu rahasia berwudhu, Ustadz DR Khalid Basalamah, MA. Video diunggah di channel YouTube Lentera Islam.

“Tidak ada seorang pun dari kalian berwudhu lalu menyempurnakan wudhunya kemudian mengucapkan, Ash hadu alla ilaha illallah hu wahdahu la syarikalah, wa ashadu anna muhammadan abduhu wa rosuluh, melainkan dibuka baginya delapan pintu surga,” ujar Ustaz Khalid.

Doa tersebut telah dijelaskan dalam hadits Nabi Muhammad SAW, yang diriwayatkan Tirmidzi. Seorang muslim yang rutin membaca doa tersebut bisa masuk surga dari pintu apa pun yang dikehendaki.

Umar bin Khattab RA pernah menceritakan salah satu sabda Rasulullah SAW dalam sebuah hadits. Hadits tersebut menyebutkan, orang yang membaca doa setelah wudhu akan dijanjikan pintu surga untuknya.

“Jika salah seorang dari kalian berwudhu lalu menyempurnakan wudhunya, kemudian ia berkata setelah selesai wudhu (membaca doa setelah wudhu) maka akan dibukakan untuknya delapan pintu surga. Ia dapat masuk ke pintu yang mana saja ia inginkan,” (HR Ahmad, Muslim, Abu Daud, dan Nasa’i).

Semoga bisa menambah pengetahuan dan kita semua bisa mengamalkannya.

By : Novmi

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *