GAJIAN NIH, SUDAH ZAKAT BELUM?

Awal bulan identik dengan pemasukan yang kita peroleh dari gaji. Kebanyakannya kita belanjakan sesuai dengan keperluan yang sudah kita rencanakan. Mulai dari membayar cicilan, membayar sekolah anak, memenuhi kebutuhan selama sebulan dan sisanya kita tabung.

Zakat penghasilan atau yang dikenal juga sebagai zakat zakat profesi adalah bagian dari zakat maal yang wajib dikeluarkan atas harta yang berasal dari pendapatan / penghasilan rutin dari pekerjaan yang tidak melanggar syariah. 

Dalam ajaran Islam, zakat berfungsi untuk mensucikan harta yang kita miliki. Salah satunya adalah zakat profesi yang berfungsi untuk membersihkan pendapatan atau gaji yang diperoleh dari pekerjaan. Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْۤا اَنْفِقُوْا مِنْ طَيِّبٰتِ مَا كَسَبْتُمْ وَمِمَّاۤ اَخْرَجْنَا لَـكُمْ مِّنَ الْاَ رْضِ ۗ وَلَا تَيَمَّمُوا الْخَبِيْثَ مِنْهُ تُنْفِقُوْنَ وَلَسْتُمْ بِاٰ خِذِيْهِ اِلَّاۤ اَنْ تُغْمِضُوْا فِيْهِ ۗ وَا عْلَمُوْۤا اَنَّ اللّٰهَ غَنِيٌّ حَمِيْدٌ

“Wahai orang-orang yang beriman! Infakkanlah sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untukmu. Janganlah kamu memilih yang buruk untuk kamu keluarkan, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya, melainkan dengan memicingkan mata (enggan) terhadapnya. Dan ketahuilah bahwa Allah Maha Kaya, Maha Terpuji.” (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 267)

#SahabatMABI, tahukah kita kalau dari gaji yang kita terima terkandung hak milik orang lain juga? Untuk itu, mari kita keluarkan hak milik orang lain yang berupa zakat dengan kadar 2,5% itu. Jadi, apabila dalam satu tahun penghasilan telah mencapai nisab, maka wajib membayar zakat profesi. Namun apabila belum mencapai satu tahun, harta sudah mencapai nisab, zakat profesi dapat dilakukan. Jika kamu keberatan membayar zakat dengan hitungan per tahun, kamu juga bisa membayarnya setiap bulan sekali.

Ditunaikan di awal agar tentram dan nyaman kita menjalani sisa bulan. Dari yang kadarnya kecil itu mudah-mudahan diberi barokah atas gaji yang kita terima. Mari tunaikan zakat profesi kita bersama Mufakat Al-Banna Indonesia melalui:

ZAKAT Bank Mandiri -1200011091282

an. Yayasan Mufakat Al-Banna Indonesia

Konfirmasi atau info: 082112415262

#awalbulan #zakatmaal #zakatpenghasilan #zakat #infaq #sodakoh #artikel #mabifoundation #kalibaru #cilincing #jakartautara

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *