SEDEKAH TIDAKLAH MENGURANGI HARTA

Salah satu cara untuk memancing datangnya rezeki banyak adalah dengan bersedekah. Rezeki adalah rahasia Allah yang diberikan kepada manusia sesuai dengan kadar usaha dan kemampuannya. Dan rezeki sudah ada porsinya masing-masing. Tugas kita hanyalah menjemputnya, sebab ia sudah tersedia. Sedekah merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Allah menjanjikan berbagai keutamaan sedekah.

Dari Abu Hurairah dari Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Tidak ada orang yang memberi maaf kepada orang lain, melainkan Allah akan menambah kemuliaannya. Dan tidak ada orang yang merendahkan diri karena Allah, melainkan Allah akan mengangkat derajatnya.” (HR. Muslim) [No. 2588 Syarh Shahih Muslim] Shahih.

Mengapa sedekah tidak akan mengurangi harta? Karena meskipun secara tersurat harta terlihat berkurang, namun kekurangan tersebut akan ditutup dengan pahala di sisi Allah SWT dan akan terus bertambah kelipatannya menjadi lebih banyak. Sedekah itu tidaklah mengurangi harta Bahkan sebaliknya, ia akan memancing harta-harta yang lainnya untuk datang. Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

قُلْ اِنَّ رَبِّيْ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَّشَآءُ مِنْ عِبَا دِهٖ وَيَقْدِرُ لَهٗ ۗ وَمَاۤ اَنْفَقْتُمْ مِّنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهٗ ۚ وَهُوَ خَيْرُ الرّٰزِقِيْنَ

“Katakanlah, “Sungguh, Tuhanku melapangkan rezeki dan membatasinya bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya.” Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi Rezeki yang terbaik.” (QS. Saba’ 34: Ayat 39)

Mengeluarkan sebagian harta untuk bersedekah kepada orang lain yang lebih membutuhkan akan sangat luar biasa pengaruhnya bagi kehidupan manusia. Selain mendapat pahala dari Allah SWT, harta yang disedekahkan akan mendapat ganti yang lebih banyak dan lebih baik dari Allah. Maka dari itu, sedekah tidak akan membuat seseorang menjadi miskin, justru sebaliknya sedekah akan melapangkan rezeki seseorang.

Yuk #SahabatMABI lanjutkan Berkah Kebaikanmu dengan #WujudkanKebaikan untuk sesama. Ingatlah, tetapkanlah niatkan sedekah dengan ikhlas karena Allah jangan cuma mengharap keuntungan dunia semata. 

#BerbagiSedekah #kebaikantakberbatas #sedekah #infak #zakat #sedekahsubuh #zakatonline #sedekahonline #wujudkankebaikan #mabifoundation #kalibaru #cilincing #jakartautara #novmi

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *