Semangka Sebagai Simbol Dukungan Palestina

Media sosial belakangan sedang ramai penggunaan gambar semangka sebagai bentuk dukungan terhadap Palestina. Emoji semangka untuk menunjukkan solidaritas masyarakat dunia kepada Palestina atas serbuan Israel ke Jalur Gaza. Warga dunia terus menggaungkan dukungan terhadap Palestina menyusul tewasnya lebih dari 8.500 orang di Jalur Gaza akibat serbuan Israel. 

Sebagai bentuk dukungan pada warga Palestina, sejumlah pengguna media sosial menyematkan emotikon semangka melalui berbagai unggahan. Menjadi simbol untuk Palestina bukan hanya karena warnanya saja yang mirip. Uniknya, buah ini juga tumbuh di seluruh Palestina, dari Jenin hingga Gaza.

Dalam sejarahnya, semangka menjadi simbol perlawanan warga Palestina sejak perang tahun 1967. Simbol ini digunakan sebagai bentuk protes terhadap wilayah yang direbut Israel. Saat itu, Israel telah melarang pengibaran bendera Palestina di depan umum sebagai bentuk kriminal. Penggunaan bendera Palestina pun dilarang. Namun untuk merepresentasikan Palestina, semangka dipilih karena apabila buah tersebut dipotong, warnanya sama dengan bendera Palestina—merah, hijau, hitam, dan putih.

Gerakan masyarakat pendukung Palestina berinisiatif untuk mencari pengganti bendera Palestina dan memutuskan menggunakan semangka. Para demonstran membawa irisan semangka untuk menggantikan bendera Palestina. Dengan maraknya kampanye online, karya Hourani mendapat perhatian baru di seluruh dunia. Dan sejak itu, gambar semangka pun banyak digunakan di seluruh dunia sebagai simbol dukungan untuk Palestina.

Gambar semangka itu pertama kali disuarakan oleh organisasi Jewish Voice for Peace. Mereka meminta masyarakat untuk ikut membagikan emotikon semangka sebagai bentuk krisis kemanusiaan dalam membela Palestina. Dukungan pada Palestina juga diwakilkan dengan emoji semangka. Penggunaannya bisa menggagalkan sensor algoritma atau fitur pemblokiran pengguna yang ada pada sejumlah media sosial. 

Semangka juga melambangkan budaya dan identitas Palestina. Dikutip dari laman Al-Jazeera, semangka merupakan buah yang mewakili Palestina. Ia memiliki warna yang sama dengan bendera Palestina, yaitu merah, hijau, putih, dan hitam. Oleh karena itu, ilustrasi atau simbol semangka ini sering digunakan untuk memprotes penindasan yang dilakukan Israel terhadap bendera dan identitas Palestina.

#palestina #freepalestina #semangka #filosofi #benderapalestina #sobatmasjid #cintamasjid #masjidnusantara #viral #semangkaviral 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *