Hari Perempuan Internasional

Setiap tanggal 8 Maret, seluruh negara memperingati Hari Perempuan Internasional. Hari tersebut diperingati sebagai bentuk penghargaan terhadap perempuan dan sebagai perjuangan dalam menyuarakan kesetaraan gender di seluruh dunia.

Peringatan Hari Perempuan Internasional hadir sebagai wujud kesadaran bahwa kesetaraan bagi perempuan merupakan sesuatu yang perlu diperjuangkan. Setiap individu dapat terlibat secara aktif mendukung dan merangkul kesetaraan dalam masing-masing aspek kehidupan yang dijalani.

Peringatan Hari Perempuan Internasional hadir sebagai bentuk pengakuan atas prestasi perempuan tanpa membeda-bedakan etnis, budaya, bahasa, ekonomi, bahkan politik. Hari Perempuan Internasional juga menandai ajakan bertindak untuk mempercepat terealisasinya kesetaraan gender.

Diputuskanlah bahwa 8 Maret dapat menjadi hari yang diterima secara global untuk merayakan IWD. Hari Perempuan Internasional pertama kali diperingati oleh PBB pada 1975. Tiga warna menjadi lambang Hari Perempuan Internasional, yakni ungu, hijau dan putih. Ungu melambangkan keadilan dan martabat, hijau melambangkan harapan, dan putih melambangkan kemurnian, yang sedikit dikawinkan dengan kontroversi.  Warna-warna tersebut berasal dari Women’s Social and Political Union (WSPU) di Inggris pada 1908.

Untuk bisa benar-benar merangkul kesetaraan, setiap individu harus memiliki kepercayaan secara mendalam, menghargai, dan mencari perbedaan sebagai elemen kehidupan yang perlu dan positif. 

Merangkul kesetaraan berarti memahami perjalanan yang diperlukan untuk mencapai kesetaraan bagi seluruh perempuan di dunia. 

Mari saling menghargai dan apresiasi peran serta perempuan di seluruh dunia! Selamat memperingati Hari Perempuan Internasional Teruslah menjadi perempuan hebat, kuat, dan menginspirasi dunia. Selamat Hari Perempuan Internasional.

by : Novmi

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *