Harta Merupakan Titipan Allah SWT

Harta menurut pandangan islam itu adalah mutlak milik Allah SWT. Semua yang ada di dunia termasuk harta itu adalah milik Allah SWT. #Sahabatmabi, tahukah kamu apa yang kita miliki saat ini adalah titipan. Segala yang ada pada diri kita, anak, harta, dan lainnya, hanyalah titipan dari Allah. Allah menguji orang-orang yang beriman dengan segala yang dimilikinya.

Karena belum termasuk orang-orang yang beriman ketika ia belum mendapatkan ujian dari Allah. Ujian yang Allah berikan datang dari segala arah, termasuk dari harta kita. Allah menitipkan harta kepada kita sebagai ujian, karena harta yang kita miliki akan kita pertanggung jawabkan di hadapan Allah
Kepemilikan harta oleh manusia tersebut adalah sebuah amanah yang harus dijaga dan dimanfaatkan sebaik mungkin. Sehingga dengan adanya harta yang dititipkan oleh Allah SWT itu bisa berguna dan dapat menuntun ke pintu surga.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

اٰمِنُوْا بِا للّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَاَ نْفِقُوْا مِمَّا جَعَلَـكُمْ مُّسْتَخْلَفِيْنَ فِيْهِ ۗ فَا لَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْ وَاَ نْفَقُوْا لَهُمْ اَجْرٌ كَبِيْرٌ

“Berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya dan infakkanlah (di jalan Allah) sebagian dari harta yang Dia telah menjadikan kamu sebagai penguasanya (amanah). Maka orang-orang yang beriman di antara kamu dan menginfakkan (hartanya di jalan Allah) memperoleh pahala yang besar.”
(QS. Al-Hadid 57: Ayat 7)

Banyak sekali manusia yang lupa bahwa harta yang mereka miliki hanyalah titipan dari Allah SWT. Sehingga mereka memanfaatkan harta tersebut dengan seenaknya sendiri. Dan juga terkadang manusia lupa bahwa bagaimana cara mereka mendapatkan harta itu menentukan amanah atau tidaknya manusia terhadap harta tersebut.

Oleh karena itu manusia sebagai umat muslim harus selalu ingat bahwa semua yang ada di dunia itu hanyalah sementara dan tidak ada yang abadi Jangan terlalu dibanggakan dan jangan mengeluh. Karena harta hanyalah titipan dan ujian untuk menguji siapa yang lalai dan yang tidak lalai untuk beribadah kepada Allah SWT.

#artikel #harta #titipan #amanah #bersedekah #zakat #mabifoundation #indonesiaberamal #novmi #kalibaru #cilincing #jakartautara

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *