HIDUP MEMANG KADANG-KIDDING

Allah mendorong hamba-hamba-Nya agar tidak tamak kepada kehidupan dunia, dengan menyampaikan hakikat dari dunia bahwa ia hanyalah permainan jasad dan senda gurau hati.

Jika kalian beriman kepada Allah dan bertakwa kepada-Nya dengan menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya, maka Allah akan memberi pahala atas amalan kalian dan tidak meminta kalian menunaikan zakat dengan mengeluarkan seluruh harta yang kalian miliki, namun hanya memerintahkan mengeluarkan sebagiannya saja.

Jika Allah meminta dengan paksa untuk mengeluarkan harta kalian, niscaya kalian akan berbuat kikir dan menolak untuk menjalankannya serta Allah akan menampakkan dari hati kalian sifat kebakhilan dan kebencian untuk berinfak. (Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta’dzhim al-Qur’an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur’an Universitas Islam Madinah). 

Ketahuilah bahwasanya hakikat kehidupan dunia: Permainan, senda gurau dan tipuan, tidak selamanya dan juga tidak ada hisab. Maka jika kalian beriman kepada Allah dan Rasul-Nya ﷺ serta apa yang datang darinya, dan kalian jadikan antara diri kalian dan adzab Allah benteng dengan bertauhid dan mengerjakan apa yang Allah cintai dan ridhai, dan meninggalkan apa yang dibenci-Nya dan larang.

Allah akan memberikan kalian pahala dan balasan di akhirat, Allah tidak menginginkan kalian terbebani dengan apa yang menyusahkan kalian dengan mengambil seluruh harta-harta kalian yang membahayakan kalian, sungguh Allah hanyalah memerintahkan kalian untuk mengeluarkan sedikit dari harta kalian dala zakat yang wajib bagi kalian, jika telah sampai nisab pada harta kalian.

Ingatlah, kamu ini orang-orang yang diajak untuk menafkahkan (hartamu) pada jalan Allah. Maka di antara kamu ada orang yang kikir, dan siapa yang kikir sesungguhnya dia hanyalah kikir terhadap dirinya sendiri. Jangan sekali-kali terpesona oleh kehidupan dunia yang menyebabkan mereka meninggalkan jihad karena kehidupan dunia hanyalah sementara, hanya sebagai permainan, dan senda gurau. 

Semua yang ada di dunia ini akan hilang lenyap, kecuali ketaatan dan ibadah kepada Allah karena ketaatan dan ibadah itu menjadi sebab untuk memperoleh kehidupan yang sebenarnya nanti di akhirat.

#sedekah #berbagi #motivasi #mabifoundation #wujudkankebaikan #darikamuuntuksesama #infaq #zakat #kalibaru #cilincinh #jakartautara #mabifoundation #novmi #mufakatalbannaindonesia #kikir #Harta

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *