3 Sedekah Yang Paling Utama

Sedekah adalah amalan yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Selain memberikan manfaat kepada orang yang menerima, sedekah juga dapat menuai manfaat bagi orang yang memberikannya.

Sedekah akan membantu umat muslim dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT serta membuka pintu keberkahan. Sedekah bisa menjadi cara untuk menolong sesama umat manusia. 

Namun tak hanya perkara memberi, orang yang menerima sedekah kerap kali menimbulkan pertanyaan. Siapakah yang paling utama untuk menerima sedekah?Mengenai sedekah ini, Allah SWT.  Sangat menyukai hamba-Nya yang melakukannya karena dalam bersedekah berarti kita sebagai umat Muslim saling membantu kepada sesama. 

1. Sedekah Jariyah

Sedekah jariyah adalah sedekah yang diniatkan untuk kebaikan. Nantinya kebaikan itu masih terus dirasakan hingga orang yang sedekah tersebut meninggal dunia.  “Rasulullah bersabda, Jika seorang anak Adam meninggal, maka terputuslah seluruh amalnya kecuali tiga hal, sedekah jariyah, ilmu yang manfaat, dan anak (sholeh) yang mendoakan orangtuanya.”

2. Sedekah yang Sembunyi-sembunyi

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

اَلَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَا لَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ ثُمَّ لَا يُتْبِعُوْنَ مَاۤ اَنْفَقُوْا مَنًّا وَّلَاۤ اَذًى ۙ لَّهُمْ اَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ ۚ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُوْنَ

“Orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah, kemudian tidak mengiringi apa yang dia infakkan itu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan penerima), mereka memperoleh pahala di sisi Tuhan mereka. Tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati.” (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 262).

Kita dianjurkan untuk tidak pamer (riya) dengan semua bentuk ibadah yang kita lakukan, terutama sedekah.

3. Sedekah Kepada Kerabat

Sebagai manusia, sepatutnya kita tidak memilih-milih kepada siapa kita bersedekah. Namun, ada baiknya kita mengedepankan orang terdekat yang terkena musibah untuk kita bantu.Hadist Riwayat Tirmidzi, Rasulullah bersabda, “Bersedekah kepada orang miskin adalah satu sedekah dan kepada kerabat ada dua (kebaikan), sedekah, dan silaturrahim.

SEDEKAH Manfaat dan keutamaan InsyaAllah akan dirasakan seorang hamba tatkala Sedekah itu senantiasa dilaksanakan. Tidak hanya memberikan kebahagiaan untuk saudara yang membutuhkan, menurut sahabat Mufakat siapa saja sih yang berhak dan paling utama menerima Sedekah yang kita tunaikan?

#sedekah #berbagi 

#artikel #motivasi #wujudkankebaikan #darikamuuntuksesama #infaq #zakat #mabifoundation #mufakatalbannaindonesia #kalibaru #cilincing #jakartautara #novmi

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *