Jangan Biarkan Rasa Senang Dan Sedih Berlebihan

Kehidupan kerap kali memberikan kejutan dalam perjalanannya. Terkadang kamu menemukan kebahagiaan dalam satu waktu, namun bisa juga seketika hal itu berubah menjadi satu hal menyedihkan. Tentu sebagai manusia kita tidak bisa menebak kapan hal tersebut akan terjadi. 

Kesedihan dan kegembiraan adalah bagian dari dua sisi jiwa manusia. Keduanya selalu mewarnai kehidupan dan dapat datang silih berganti dalam tempo singkat, bahkan keduanya dapat berbaur dalam satu waktu. Segala sesuatu memang sudah ada porsinya sendiri-sendiri, jika kurang dan berlebihan justru itu akan menjadi tidak baik untuk diri sendiri. Begitu juga dengan perasaan, baik itu sedih maupun senang, semuanya jangan sampai berlebihan.

Segala hal yang berkaitan dengan perasaan itu selalu berubah-ubah. Maka jika kita membiarkan perasaan memegang kendali, kita akan terombang-ambing seperti ombak di lautan. Sebentar pasang, sebentar surut. Sebentar sedih, sebentar.

Pada dasarnya, manusia memang memiliki banyak emosi seperti sedih, senang, cemburu, bahagia, dan lain sebagainya. Namun jika itu semua tidak dapat dikontrol dengan baik, yang terjadi adalah justru merugikan bagi kesehatan. Jadi, seseorang yang sehat mental dan fisiknya sudah seharusnya ia juga mampu mengendalikan segala emosinya, baik itu sedih ataupun senang.

Mengenai kesedihan dan kegembiraan, Ikrimah berkata, ”Jangan terlalu larut dalam kesedihan atau kegembiraan. Akan tetapi, jadikanlah kegembiraan sebagai kesyukuran dan kesedihan sebagai kesabaran.” Kesedihan yang tercela adalah yang menyebabkan hilangnya kesabaran, kepasraan pada-Nya dan harapan mendapatkan ganjaran-Nya. Sedangkan kegembiraan yang terlarang adalah yang membuat pelakunya melampaui batas dan lalai dari kesyukuran.

Jangan telalu banyak bersenang-senang dan jangan terlalu banyak bersedih kawan. Ingatlah kita semua masih memiliki suatu urusan yang masih akan kita kerjakan. Jagalah perasaanmu sebaik mungkin, karena perasaan selalu datang dan hilang seperti awan.  

#motivasi #selfrimender #quotes #mabifoundation #wujudkankebaikan #mufakatalbannaindonesia #novmi #artikel #kalibaru #cilincing #jakartautara

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *