Jangan Pernah Merasa Letih Berbuat Baik

Kebaikan memang terkadang membuat lelah sementara perbuatan buruk terkadang menyenangkan. Memang terkadang dosa itu datang dengan penampakkan yang menyenangkan dan terkesan membuat bahagia. Namun akhirnya penyesalan berkepanjangan dan balasan yang kita terima.

Dunia adalah tempat yang fana, apapun yang kita lakukan sifatnya tidak akan kekal. Namun berbeda dengan pahala dan dosa, ia akan kekal dan dipertanggungjawabkan kelak di kehidupan yang lebih abadi. Maka, lebih baik kelelahan karena mengejar kebaikan, dari pada bersenang-senang dalam dosa. 

Lelah saat berbuat kebaikan itu manusiawi. Siapapun terkadang merasakannya. Bahkan beberapa diantaranya ada yang menangis karena lelah yang amat sangat. Kebaikan memang terkadang membuat lelah sementara perbuatan buruk terkadang menyenangkan. Tetaplah pilih yang membuat lelah karena dampaknya kekal dan berdampak panjang.

“Bila kita merasa letih karena berbuat kebaikan, maka sesungguhnya keletihan itu akan hilang dan kebaikan akan kekal.

Bila kita bersenang-senang dengan dosa, kesenangan itu akan hilang dan dosa yang akan kekal”

(Umar bin Khattab ra.)

Saat kita letih karena berbuat kebaikan itu jauh lebih baik, walau dalam pelaksanaannya kita harus berjuang dengan keras. 

Namun tahukah #sahabatmabi? Keletihan itu akan hilang namun kebaikan yang kamu lakukan akan kekal.⁣ Sebaliknya, saat kita bersenang-senang dengan perbuatan buruk, kesenangan itu sementara dan akan hilang. Namun keburukannya akan kekal. 

Jika itu perbuatan dosa maka dosa yang akan kekal. Naudzubillah. Sebab itulah mengapa kita jangan pernah merasa bosan untuk berbuat baik, karena sekecil apapun kebaikan yang kita lakukan pasti akan Allah balas dengan sempurna.

Berbuat baik memang terkadang membuat lelah dan itu adalah hal yang wajar. Tapi selalu ingat dan yakinlah bahwa akan ada nikmat yang didapat kelak. Jadi jika lelah, beristirahatlah sejenak, setelah itu lanjutkan perjuangan untuk tetap menebar benih-benih kebaikan. Bila kita merasa letih karena berbuat kebaikan, maka sesungguhnya keletihan itu akan hilang dan kebaikan akan kekal. Bila kita bersenang-senang dengan dosa, kesenangan itu akan hilang dan dosa yang akan kekal. 

#artikel #berbuatbaik #lelah #janganmerasalelahdalamkebaikan #istiqomah #novmi #menaburkebaikan #mabifoundation  #motivasiislam #kalibaru #cilincing #jakartautara

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *