Kebaikan Sekecil Apapun Pasti Akan Ada Balasannya

Dalam Islam, berbuat baik kepada sesama disebut juga dengan istilah ihsan. Ihsan merupakan seorang manusia yang mencurahkan kebaikan dan menahan diri untuk tidak mengganggu orang lain. Perbuatan tersebut termasuk dengan perbuatan terpuji. 

Kebiasaan berbuat baik telah diajarkan dari orang tua ke kita sejak kecil. Perbuatan baik pada dasarnya merupakan suatu bentuk kasih sayang serta kepedulian kepada sesama dan lingkungan. 

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

فَمَنْ يَّعْمَلْ مِثْقَا لَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَّرَهٗ 

“Maka barang siapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.” (QS. Az-Zalzalah 99: Ayat 7).

Berbuat baik pada orang lain ternyata sama saja dengan berbuat baik pada diri sendiri. Hal ini menjadi dasar bagi umat muslim untuk senantiasa memelihara kebaikan dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Setiap langkah baikmu berarti dan Allah SWT pun telah menjanjikan balasan atas setiap kebaikan yang dilakukan. 

“Rasulullah SAW berkata pada Jabir bin Sulaim, ‘Janganlah meremehkan kebaikan sedikit pun walau hanya berbicara kepada saudaramu dengan wajah yang tersenyum kepadanya. Amalan tersebut adalah bagian dari kebajikan.’” (HR Abu Daud no. 4084 dan Tirmidzi no. 2722.).

Kamu bisa berbuat baik kapan pun dan di mana saja, terhadap siapa pun, dengan berbagai cara. Penting untuk dipahami ialah agar kita tidak menyombongkan diri atau menepuk dada setelah berbuat kebaikan. Berbuat baik bisa menjadi pedoman dan patokan bagi umat Muslim. Setiap orang tentunya sangat dianjurkan untuk berbuat baik kepada sesama, baik kedua orang tua, keluarga, tetangga, maupun teman. 

#berbuatbaik #salingmenolong #salingmembantu #menasehati #memberikanbantuan

#mabifoundation #novmi #kalibaru #cilincing #jakartautara

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *