Keutamaan Orang yang Menyebarkan Ilmu

Masih semangat menuntut ilmu bukan? Menuntut ilmu dalam islam memang diwajibkan. Karena dengan mempunyai bekal ilmu yang bermanfaat, kamu akan bisa mewariskannya dan membagikannya sehingga bisa digunakan sebagai amalan yang tidak akan terputus jika masih digunakan secara terus menerus. Tentu saja kamu tidak akan menyia– nyiakannnya ya. Dengan berilmu maka Allah SWT akan meninggikan kita beberapa derajat.

  1. Mendapatkan Pahala dari Allah SWT Sama dengan Pahala Orang yang Diajarkan.
  2. Sudah Termasuk dalam Kategori amar ma’ruf nahi munkar.
  3. Bisa Dikatakan Sebagai Bentuk Tolong Menolong Sesama Umat.
  4. Bisa Mewujudkan Kebahagian Berkat Adanya Tata Cara yang Sudah Ditentukan dalam Islam.
  5. Ilmu yang Anda Ajarkan Tidak Akan Berkurang, Melainkan Akan Semakin Bertambah.
  6. Melatih Kesabaran dan Menentramkan Hati.
  7. Melakukan Pengajaran Merupakan Suatu Perbuatan yang Dimuliakan.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda :

“Jika seseorang meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya, kecuali tiga hal. Sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan do’a anak yang sholeh atau sholehah.” (HR. Muslim)

Jangan engkau sembunyikan ilmumu, artinya jangan pelit untuk membagikan ilmu yang engkau miliki, karena dengan cara yang seperti itu kelak mulutmu akan dikekang dengan tali kendali yang terbuat dari api neraka.

Hadits nabi:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ سُئِلَ عَنْ عِلْمٍ عَلِمَهُ ثُمَّ كَتَمَهُ أُلْجِمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِلِجَامٍ مِنْ نَارٍ

Artinya :

Dari Abu Hurairah, dia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa ditanya tentang suatu ilmu yang dia mengetahuinya, namun dia menyembunyikannya, maka dia akan diberi tali kekang dari neraka pada hari kiamat”. (HR Tirmidzi, Abu Dawud, dan Ibnu Majah)

Keutamaan orang yang menyebarkan ilmu banyak disebutkan dalam ayat Alquran dan hadits. Orang yang mengajarkan ilmu tidak hanya mendapat kebahagiaan di dunia dan akhirat. Lebih dari itu, mereka yang berjuang menyeberkan ilmu terutama ilmu agama akan ditinggikan derajatnya oleh Allah.

Mencari ilmu dan menyebarkannya juga termasuk jihad yang diperintahkan oleh agama. Jihad bukan hanya mengangkat senjata, namun juga bisa diartikan untuk mencari ilmu dan menyebarkannya demi kebaikan umat. Sebab, salah satu tujuan ilmu adalah untuk mencapai kehidupan yang lebih baik. menyeberkan ilmu terutama ilmu agama akan ditinggikan derajatnya oleh Allah.

Ibnu ‘Abbas RA berkata;
Rasul SAW bersabda; “Barang siapa yang berusaha mengamalkan ilmu yang telah diketahuinya, maka Allah akan menunjukkan apa yang belum diketahuinya.”

Setiap Muslim agar jangan pelit terhadap ilmu. Sekitarnya ia mengetahui dan memang ilmu tersebut dibutuhkan oleh orang lain maka ia harus menyampaikannya.
Akan tetapi di dalam memberika ilmu pun harus penuh pertimbangan atau menyesuaikan dengan orang yang akan menerimanya.

Agar dapat mudah dipahami dan diamalkan oleh orang yang menerimanya.
Apabila seorang Muslim telah memperoleh atau mengetahui suatu ilmu maka harus diamalkan dan disebarkan atau diajarkan kepada Muslim lainnya. Terlebih bila ada saudara sesama Muslim bertanya tentang ilmu yang dikuasainya, maka haram bagi orang yang mengetahui ilmu tersebut menyembunyikannya atau tidak mau menerangkannya.

#artikel #shereilmu #ajakkebaikan #belajarbersama #salingberbagi #mabifoundation #ilmuyangbermanfaat #kalibaru #cilincing #jakartautara #Novmi

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *