Meraih Takwa Melalui Ibadah Qurban

Setiap tanggal 10 Dzulhijah umat Islam di seluruh dunia merayakan Idul Adha. Perayaan itu dilakukan dengan cara melaksanakan shalat Ied dan menyembelih hewan qurban. Perintah ini sesuai dengan firman Allah SWT untuk menyembelih hewan qurban terdapat dalam Qs. Al Kautsar ayat 2 yang berbunyi :

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْۗ

Artinya : Maka laksanakan shalat karena Tuhanmu, dan berkurban lah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah)

Ketahuilah, yang ingin dicapai dari ibadah qurban adalah keikhlasan dan ketakwaan, dan bukan hanya daging atau darahnya. Ingatlah, bukanlah yang dimaksudkan hanyalah menyembelih saja dan yang Allah harap bukanlah daging dan darah qurban tersebut karena Allah tidaklah butuh pada segala sesuatu dan dialah yang pantas diagung-agungkan. Yang Allah harapkan dari qurban tersebut adalah keikhlasan, ihtisab (selalu mengharap-harap pahala dari-Nya) dan niat yang sholih. Oleh karena itu, Allah katakan (yang artinya), “ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapai ridho-Nya”. Inilah yang seharusnya menjadi motivasi ketika seseorang berqurban yaitu ikhlas, bukan riya’ atau berbangga dengan harta yang dimiliki, dan bukan pula menjalankannya karena sudah jadi rutinitas tahunan.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

لَنْ يَّنَا لَ اللّٰهَ لُحُـوْمُهَا وَلَا دِمَآ ؤُهَا وَلٰـكِنْ يَّنَا لُهُ التَّقْوٰى مِنْكُمْ ۗ كَذٰلِكَ سَخَّرَهَا لَـكُمْ لِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰٮكُمْ ۗ وَبَشِّرِ الْمُحْسِنِيْنَ

“Daging (hewan kurban) dan darahnya itu sekali-kali tidak akan sampai kepada Allah, tetapi yang sampai kepada-Nya adalah ketakwaan kamu. Demikianlah Dia menundukkannya untukmu agar kamu mengagungkan Allah atas petunjuk yang Dia berikan kepadamu. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al-Hajj 22: Ayat 37)

Sebagai ibadah yang sangat dianjurkan bagi muslim yang mampu di hari raya Idul Adha, Ibadah Qurban juga menjadi washilah bagi seorang muslim untuk meraih takwa. Adapun bagi orang yang bertakwa, Allah menjanjikan tempat yang mulia disisi-Nya. Dalam pelaksanaan ibadah qurban, umat islam diperintahkan untuk belajar menyedekahkan harta terbaiknya untuk menggapai ridha Allah SWT. Harta yang dikeluarkan tersebut nantinya akan berbuah keberkahan karena dapat mendekatkan seorang hamba pada keikhlasan dan ketakwaan.

Meraih Taqwa melalui Ibadah Qurban dan saling berbagi rezeki kepada sesama pada hari raya Idul Adha salah satu bentuk ketaqwaan dan keimanan kepada sang pencipta. Demikian yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim kala sang Nabi Allah Ibrahim mematuhi perintah dari Allah SWT dalam mengabdi dihidupan yang fana ini.  

#iduladha #meraihtakwa

#bertakwa #qurban #artikel #mabifoundation #novmi #darikamuuntuksesama #kalibaru #cilincing #jakartautara

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *