Keutamaan Bulan Dzulhijjah

Bulan Dzulhijjah adalah bulan ke-12 dan terakhir dalam penanggalan hijriyah yang memiliki makna istimewa bagi umat Islam. Di bulan Dzulhijjah, terdapat banyak keutamaan dan berbagai amalan, baik sunnah maupun wajib yang pahalanya sangat besar. Tak hanya itu, di bulan Dzulhijjah juga terdapat serangkaian peristiwa penting, seperti ibadah haji dan perayaan Idul Adha. Ada banyak sekali keutamaan bulan Dzulhijjah. Bahkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah bersabda bahwa pahala yang diperoleh ketika beribadah di bulan Dzulhijjah memiliki posisi yang sama seperti pahala yang dijanjikan ketika Ramadan.

Dari Abu Bakrah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya: “Ada dua bulan yang pahala amalnya tidak akan berkurang. Keduanya dua bulan hari raya: bulan Ramadhan dan bulan Dzulhijjah.” (HR. Bukhari 1912 dan Muslim 1089).

Berikut beberapa keutamaan bulan Dzulhijjah, di antaranya:

1. Bulan yang Dimuliakan

2. Bulan Haji

3. Hari Pengampunan

4. Hari Raya Idul adha

5. Terdapat Hari Arafah yang Agung

6. Bulan yang Diharamkan untuk Berperang

7. Dilaksanakannya Ibadah Kurban

“Tidak ada hari-hari yang lebih agung di sisi Allah dan amal saleh di dalamnya lebih dicintai oleh-Nya daripada hari yang sepuluh (sepuluh hari pertama dari Dzulhijjah), karenanya perbanyaklah tahlil, takbir, dan tahmid di dalamnya,” (HR Ahmad).

Oleh karena itu, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak zikir pada sepuluh pertama Dzulhijjah, lebih khusus lagi di hari Arafah, yaitu tanggal 9 Dzulhijah. 

Di antara zikir yang diperbanyak adalah melafalkan tahlil, takbir, dan tahmid. Selain itu, umat Islam juga dianjurkan untuk melaksanakan ibadah puasa dari tanggal 1 sampai 9 Dzulhijjah. Shalat malam di hari-hari tersebut juga memiliki pahala yang lebih dari biasanya. Disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, bahwa puasa di hari pertama bulan Dzulhijjah ini setara dengan setahun berpuasa sunnah. 

Sedangkan shalat malam setara shalat pada malam Lailatul Qadar.

Bulan Dzulhijjah merupakan bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT, sehingga penting bagi umat muslim untuk meningkatkan amalan baik. Beberapa amalan baik yang disarankan seperti salat sunah, bersedekah, membaca Al-Qur’an, bersilaturahmi, dan bertaubat serta memohon ampunan pada Allah. Sehingga #sahabatmabi disarankan memperbanyak sedekah dan amal kebaikan. 

Sungguh mulia sekali bukan keutamaan bulan Dzulhijjah yang bisa diperoleh umat Muslim? Yuk, amalkan ini mulai sekarang!! 

#bulandzulhijjah #keutamaan #amalan #mabifoundation #artikel #novmi #indonesiaberamal #kalibaru #cilincing #jakartautara

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *