Pohon Zaqqum Makanan Bagi Penghuni Neraka

Surga dan neraka adalah tempat balasan yang kekal. Para penghuninya berada dalam keabadian. Semua ditempatkan sesuai dengan amal perbuatannya selama di dunia. Di surga, Allah SWT menjanjikan banyak kenikmatan, termasuk dalam hal makanan. Lain halnya dengan di neraka, setiap penghuninya disediakan makanan dan minuman yang mengerikan, salah satunya buah zaqqum.

Pohon Zaqqum yang disebut sebagai pohon yang berasal dari neraka. Dinarasikan bahwa pohon tersebut tumbuh di 80 Km dari Mekkah, yaitu kota Thaif. Diketahui bahwa dalam Al-Qur’an, dijelaskan bahwa buah dari pohon ini akan menjadi makanan penghuni neraka dan jika dimakan akan membakar wajah serta organ dalam tubuh yang memakannya dan seandainya setitik dari Zaqqum diteteskan di dunia niscaya akan menghancurkan kehidupan semua penghuninya.

Para penghuni neraka akan menerima siksaan yang amat pedih sebagai balasan atas perilakunya ketika hidup di dunia. Tidak akan ada sumber makanan lain kecuali buah yang berasal dari pohon zaqqum yang mengerikan. 

Keberadaan pohon zaqqum ini diketahui dari beberapa ayat suci Alquran. Dalam surat Ash-Shaffat ayat 62 sampai 67, pohon ini digambarkan tumbuh di dasar neraka Jahim dengan bentuk buah menyerupai kepala setan. Ini adalah hidangan yang disiapkan untuk para pendosa.

“Sesungguhnya kami menjadikan pohon zaqqum itu sebagai siksaan bagi orang-orang yang zalim. Sesungguhnya ia adalah sebatang pohon yang keluar dari dasar neraka jahim. Mayangnya seperti kepala setan-setan. Maka sesungguhnya mereka benar-benar memakan sebagian dari buah pohon itu, maka mereka memenuhi perutnya dengan buah zaqqum itu”.

Menurut syariat Islam, jika pohon ini diletakkan di dunia, maka akan hancur bumi beserta isinya. Jika dimakan rasanya akan seperti kuningan yang dicairkan bahkan lebih buruk. Buah tersebut akan membakar wajah beserta organ dalam tubuh mereka. Penghuni neraka akan selalu lapar, mereka akan selalu tergesa-gesa kedasar neraka, untuk memakan apapun yang dapat mereka temukan. 

Di dasar neraka ini mereka akan dipaksa memakan buah dari pohon zaqqum, bahkan sebelum disentuh pun, bibir mereka akan terbakar sehingga nampaklah gigi mereka. Tidak hanya itu, mereka akan menelan duri yang akan merobekkan kerongkongan setelah buah itu ditelan. Sebelum buah itu sampai keperut, buah itu akan membakar dan mengeluarkan isi perut.

Pohon zaqqum itu, makanan penduduk neraka sebagai azab bagi orang-orang zalim. Sungguh pohon zaqqum itu adalah pohon yang keluar dari dasar neraka Jahim. Allah menegaskan pohon zaqqum itu tumbuh dari dasar neraka yang menyala-nyala. 

Dahan-dahannya menjulang tinggi, setinggi nyala api neraka. Pohon itu tumbuh dari dalam api dan dari api juga dia dijadikan. Bayangan pohon zaqum seperti kepala setan, sangat buruk dan menjijikkan.

#pohonzaqqum #neraka #orangorangzhalim #siksaan #hidanganneraka #adzabbagiorangzalim #mabifoundation #artikel #novmi #kalibaru #cilincing #jakartautara

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *