Sedekah Untuk Kesembuhan

Benarkah bahwa sedekah bisa sembuhkan penyakit?

Sedekah ternyata bisa juga untuk menyembuhkan penyakit. Tak ada salahnya juga berniat sedekah untuk menyembuhkan penyakit. 

“Obatilah orang-orang sakit di antaramu dengan sedekah” (HR. Baihaqi. Hadits mi dihasankan oleh Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’).

Sedekah merupakan salah satu amalan jariyah yang dianjurkan. Selain mendapatkan pahala, sedekah juga akan membuat harta kita lebih berkah dan bermanfaat sehingga bisa mendatangkan kesembuhan dari Allah SWT atas penyakit yang diderita. 

Ibnul Qayyim rahimahullah menerangkan hadis ini

“Sedekah memiliki khasiat yang kuat menolak berbagai macam bala (termasuk penyakit). Bahkan, sekalipun itu dari orang yang ahli maksiat, zalim, maupun orang kafir. Melalui sedekah yang mereka lakukan, Allah angkat bala. Khasiat sedekah seperti ini disaksikan oleh banyak orang, orang-orang berilmu, atau kaum awam umumnya, bahkan seluruh penduduk bumi mengakuinya karena mereka telah merasakan sendiri.” (Jami’ Al-Fiqh, 3: 7)

Sungguh sedekah itu bisa mengangkat segala penyakit, segala musibah dan malapetaka, banyak orang yang diberi petunjuk oleh Allah telah merasakan hal ini mereka menemukan bahwa pengobatan rohani lebih mujarab daripada obat materi. Rasulullah juga mengobati dengan doa-doa, demikian pula generasi salaf, mereka bersedekah sesuai dengan tingkat sakit dan musibah, mereka menginfakkan sesuatu yang paling berharga dari milik mereka. 

Allah tidak mengirim penyakit melainkan ada obatnya, akan tetapi belum diketahui obatnya karena sebuah hikmah yang agung yang diinginkan Allah. Perlu dipahami secara utuh bahwa sakit adalah bagian dari takdir Allah. Kewajiban pertama saat sakit adalah menerima sabar takdir Allah. Pada saat yang sama melakukan ikhtiar untuk mencapai kesembuhan. Dan di antara ikhtiar itu adalah dengan sedekah.

Klik Link Platform Sedekah Online : 

https://indonesiaberamal.com/donasi

#zakat #infak #sedekah #berbagi #wujudkankebaikan #darikamuuntuksesama #mabifoundation #mufakatalbannaindonesia #kalibaru #cilincing #jakartautara

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *