Sedekah Tidak Perlu Menunggu Kaya

Keikhlasan dalam sedekah adalah kunci utama, tidak perlu menunggu kekayaan melimpah. Kita semua memiliki kemampuan untuk berbagi, berikan dengan hati yang tulus. Bersedekah adalah amalan yang sangat dianjurkan. Bersedekah tidak akan membuat miskin. Dengan sedekah, harta akan menjadi lebih berkah. Keberkahan bukan hanya dirasakan di dunia, tetapi juga di akhirat. Bukankah surga memiliki banyak pintu? Dan salah satu pintu ke surga bisa dengan jalan sedekah. 

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

فَمَنْ يَّعْمَلْ مِثْقَا لَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَّرَهٗ 

“Maka barang siapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.” (QS. Az-Zalzalah 99: Ayat 7).

Dari Umar bin Khattab RA, dia berkata, “Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya setiap amal disertai niat, dan seseorang itu hanya akan mendapatkan apa yang diniatkannya.” (HR Bukhari no 1 dan Muslim no  1907). 

Sedekah kita akan sia-sia jika hanya untuk berbuat riya atau sebatas ingin dipuji oleh orang lain. Ikhlas ialah, menghendaki keridhaan Allah dalam suatu amal, membersihkannya dari segala individu maupun duniawi. Landasan niat yang ikhlas adalah memurnikan niat karena Allah semata. 

Jadikanlah sedekah kegiatan positif yang rutin kita lakukan, “Harta yang kamu makan akan jadi kotoran, harta yang kamu simpan akan jadi warisan atau rebutan, tapi harta yang kamu sedekahkan akan kekal dan abadi di akhirat.” Buya Hamka. Rasulullah selalu menganjurkan umatnya untuk bersedekah. Ternyata, untuk bersedekah tidak perlu menunggu punya harta yang banyak. Tidak pula menunggu kaya baru boleh berbagi. Bersedekah pada orang lain sungguh tidak akan merugi, karena Allah pasti akan memberikan balasan yang lebih.

Manfaat dari sedekah itu sendiri adalah menolak bala, menahan datangnya musibah, dan kejahatan, serta rezeki yang di lipat gandakan sebagaimana Rasulullah bersabda : “Sedekah itu menutup tujuh puluh pintu keburukan.” (HR. Thabrani). Dan Rasulullah menegaskan pentingnya sedekah dengan bersabda : “Bersegeralah kalian untuk mengeluarkan sedekah, karena sungguh bencana tak dapat mendahului sedekah.” (HR. Thabrani). 

Mari bersama-sama membuktikan bahwa sedekah tidak harus menunggu kita kaya. Kita bisa berbagi dengan apa yang kita miliki, karena kebaikan tak mengenal batasan ekonomi selagi Allah memberikan serta melapangkan rizki maka bersegeralah untuk berbagi walaupun hanya dari hal yang kecil. 

https://indonesiaberamal.com/

#BerbagiSedekah #kebaikantakberbatas #sedekah #infak #zakat #sedekahsubuh #zakatonline #sedekahonline #wujudkankebaikan #mabifoundation #kalibaru #cilincing #jakartautara #novmi

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *