Terlalu Banyak Menempatkan Harapan Pada Orang Lain

Setiap orang pasti ingin mendapatkan yang terbaik untuk dirinya sendiri, jadi jangan banyak bergantung pada orang lain. Terlalu sering berharap tentu akan mudah mendatangkan kekecewaan. Dikarenakan kamu meletakkan segudang ekspektasi dan berpikir orang lain akan melakukannya dengan baik, padahal kenyataannya tak selalu seperti itu. 

Harapan tentu akan membuatmu menjadi ketergantungan dengan orang lain. Jadi keseringan meminta mereka atau percaya bahwa orang lain akan melakukan hal yang kamu inginkan. Hal ini akan membuatmu sering menunggu dan menghabiskan waktu. Kamu menjadi tidak mandiri dan menjadi sangat terikat. Waktumu akan habis terbuang, sementara hasilnya belum tentu akan sesuai harapanmu.

Terlalu banyak berharap kepada orang lain lalu lupa dengan Tuhannya dan ketika dikhianati oleh orang lain itu sangatlah menyakitkan hingga bisa menyebabkan kematian yang tidak lazim. Berharap boleh saja tapi sewajarnya. Ingatlah Tuhan adalah sebaik-baik tempat kita berharap. Jangan sampai kamu berharap lebih pada manusia. Sebab jika harapan yang kamu inginkan tidak sesuai keinginan, maka kamu akan merasakan sakit hati, sedih, dan kecewa. 

“Aku sudah merasakan semua kepahitan hidup dan yang paling pahit adalah berharap kepada manusia.” – Ali Bin Abi Thalib. Ketika kamu mengharapkan lebih dari orang lain, dan kamu tidak mendapatkan hasil yang ingin kamu capai, akan merugikanmu. Kamu akan kecewa, dan mungkin menyesal telah berharap kepadanya. Cobalah sahabat untuk menyerahkan semuanya kepada Allah. karena Allah lah yang memegang semua kendali terhadap dirimu . 

Harapan adalah akar dari semua rasa sakit di hati. Jangan terlalu berharap pada orang lain. Kamu harus menjadi pahlawan bagi dirimu sendiri. Berhenti berharap pada seseorang terkadang penting untuk dilakukan agar hidup menjadi lebih damai. Kita tidak memiliki kendali atas tindakan atau perilaku orang lain. Meskipun kita dapat berkomunikasi dan mengungkapkan harapan kita, pada akhirnya setiap orang bertanggung jawab atas pilihannya sendiri.

#doapagi #islamicupdate #remindertomyself #muhasabahdiri #motivasikehidupan #motivasipagi #motivasiislami #nasihatdiri #tawakkal #mabifoundation #artikel #novmi #kalibaru #cilincing #jakartautara

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *