Sehat Lebih Baik Daripada Kaya

Berhati-hatilah jika kita terlampau sibuk mengejar kekayaan hingga melupakan hak-hak tubuh. Banyak orang yang lupa makan, kurang tidur, dan mengabaikan beberapa hak tubuhnya hanya karena intensitas pekerjaan yang begitu tinggi, lambat laun kondisi fisiknya pun menurun sehingga menyebabkan jatuh sakit. 

Jika hanya sakit ringan masih lumayan, bagaimana kalau sakit yang dideritanya begitu berat? Sesungguhnya Rasulullah telah menyatakan bahwa bagi orang bertakwa, kesehatan lebih utama daripada kekayaan.

“Tidak mengapa seseorang itu kaya asalkan bertakwa. Sehat bagi orang yang bertakwa itu lebih baik dari kaya. Dan hati yang bahagia adalah bagian dari nikmat.” (HR. Ibnu Majah no. 2141 dan Ahmad, 5: 372. Al-Hafizh Abu. 

Sehat bagi orang bertakwa lebih baik daripada kaya harta. Karena kata para ulama, bahwa sehatnya jasad bisa menolong dalam beribadah. Jadi sehat sungguh nikmat yang luar biasa. Sebagian orang mungkin merasakan penuh kesusahan tatkala ia kekurangan harta atau punya banyak hutang sehingga membawa pikiran dan tidur tak nyenyak. Padahal ia masih diberi kesehatan, masih kuat beraktivitas. Juga ia masih semangat untuk beribadah dan melakukan ketaatan lainnya. 

Perlu diketahui bahwa nikmat sehat itu sebenarnya lebih baik dari nikmat kaya.

#artikel #kesehatan #nikmatsehat #sehat #kaya #mabifoundation #mufakatalbannaindonesia #novmi #kalibaru #cilincing #jakartautara

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *