Selalu Ada Jalan Keluar Di Setiap Masalah

Setiap manusia pasti akan berhadapan dengan masalah dalam hidupnya. Tidak ada satu pun manusia di dunia ini yang bisa terbebas dari masalah. Masalah yang harus dihadapi manusia yang satu dengan lainnya pun begitu beragam. Demikian pula dalam hal penyelesaian atau jalan keluarnya, beragam pula caranya. Yang jelas, apa pun masalahnya, berusahalah untuk selalu menanamkan keyakinan dalam hati, bahwa tidak ada satu pun masalah yang tidak ada jalan keluarnya.

Ada saatnya untuk kita menunggu jalan keluar atas segala masalah yang kita hadapi. Tentunya menunggu jalan keluar di sini tidaklah hanya sekadar menunggu. Ketika kita mulai dihimpit masalah dan tak tahu apa yang harus dilakukan, maka tugas kita adalah menunggu jalan keluar dengan terus berikhtiar semaksimal mungkin. 

Dalam salah satu haditsnya, Rasulullah Saw bersabda, “Tidak akan berhenti ujian kesusahan dan penderitaan terhadap seorang mu’min dan mu’minat, baik yang menimpa dirinya sendiri, anak-anaknya, maupun hartanya, sehingga ia menemui Allah, meninggal dunia dalam keadaan tidak membawa satu dosa pun.” (HR. Tirmidzi).  

Karena, bukankah Allah hanya akan mengubah takdir suatu kaum jika kaum itu mau berusaha dan berubah?

“Dan, barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Allah akan menjadikan baginya jalan kemudahan dalam urusannya.” (QS. Ath-Thalaq: 4)

Untuk itu, dalam segala ikhtiar yang dilakukan seseorang haruslah tetap berpegang teguh pada kesabaran serta harus tawakal kepada Allah SWT. 

Kesulitan harus dihadapi dengan tekad yang sungguh-sungguh dan berusaha dengan sekuat tenaga serta pikiran untuk melepaskan diri darinya, tekun dan bersabarlah serta tidak mengeluh atas terlambatnya kemudahan yang datang dari Allah SWT, karena kemudahan itu pasti akan datang menurut ketentuan-Nya.

Semoga apa pun masalah yang sedang dihadapi saat ini, kita bisa menemukan jalan keluar terbaiknya. Meski mungkin butuh waktu dan proses yang cukup lama, tetap teguhkan diri dan yakini bahwa setelah kesulitan pasti ada kemudahan.

By : Novmi

#iktiar #bersabar #tawakal #pasrah #mabifoundation  #pastiadakemudahan #indonesiaberamal #yayasanmufakatindonesia #kalibaru #cilincing #jakartautara

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *