Sempurnakan Ibadah Dengan Zakat

Ibadah adalah bagian terpenting dalam kehidupan seorang muslim. Dari shalat hingga puasa, setiap ibadah memiliki peranannya masing-masing dalam menjaga koneksi spiritual dengan Allah SWT. Salah satu aspek yang sering diabaikan dalam ibadah adalah zakat. “Bentengilah harta kalian dengan zakat, obatilah orang-orang yang sakit dari kalian dengan sadaqah, siapkanlah doa untuk bala bencana.” (HR Thabrani & Abu Nu’aim). 

Zakat adalah salah satu dari lima pilar utama Islam. Ini adalah bentuk sumbangan atau infak yang wajib bagi umat Islam yang mampu untuk memberikannya. Zakat diambil dari harta yang telah mencapai nisab (batas minimum) setelah melewati satu tahun. Jumlah zakat yang diberikan adalah sebanyak 2,5% dari harta tersebut.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

خُذْ مِنْ اَمْوَا لِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيْهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۗ اِنَّ صَلٰوتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْ ۗ وَا للّٰهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ

“Ambillah zakat dari harta mereka guna membersihkan dan menyucikan mereka dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doamu itu (menumbuhkan) ketenteraman jiwa bagi mereka. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui.” (QS. At-Taubah 9: Ayat 103).

Zakat juga termasuk bentuk nyata dari kepedulian sosial dan dapat meningkatkan kualitas hidup individu yang memberikannya. Jadi, selalu ingatlah untuk melibatkan zakat dalam ibadah Anda untuk menjadi muslim yang lebih baik dan membantu mereka yang kurang beruntung dalam masyarakat. 

Dengan menunaikan zakat sangat banyak manfaat yang diperoleh oleh muzakki dan juga tentu sangat banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh para penerimanya (mustahik) baik itu dari segi ekonomi, sosial maupun yang lainnya. Mari sempurnakan ibadah Anda dengan berzakat bersama kami di MABI Foundation (Yayasan Mufakat Al-Banna Indonesia). 

Menunaikan zakat adalah salah satu cara untuk menjaga keseimbangan antara harta dan keberkahan. Dengan memberikan sebagian harta kepada mereka yang membutuhkan, kita dapat membersihkan harta dari sifat kikir dan bakhil, serta mendistribusikan kekayaan dalam masyarakat secara adil.

#sedekah #infak #zakat #sedekahsubuh #zakatonline #sedekahonline #wujudkankebaikan #mabifoundation #kalibaru #cilincing #jakartautra

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *