Sisihkan Harta Untuk Berbagi Sesama

Sudahkah kamu bersyukur atas rezeki yang diberikan Tuhan untukmu hari ini, bulan ini atau tahun ini? Dan sudahkah kamu menyisihkan sebagian rezeki kamu untuk bersedekah? Untuk membantu orang lain di sekitar yang lebih membutuhkan atau menyisihkannya untuk meringankan beban hidup orang lain?

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

اِنْ تُبْدُوا الصَّدَقٰتِ فَنِعِمَّا هِيَ ۚ وَاِ نْ تُخْفُوْهَا وَ تُؤْتُوْهَا الْفُقَرَآءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ ۗ وَيُكَفِّرُ عَنْكُمْ مِّنْ سَيِّاٰتِكُمْ ۗ وَا للّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

“Jika kamu menampakkan sedekah-sedekahmu, maka itu baik. Dan jika kamu menyembunyikannya dan memberikannya kepada orang-orang fakir, maka itu lebih baik bagimu dan Allah akan menghapus sebagian kesalahan-kesalahanmu. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 271)

Banyak sedikit rezeki yang kamu dapatkan setiap harinya, jangan pernah lupa apalagi sengaja melupakannya untuk menyisihkan sebagian sebagai bekal sedekah.
Bersedekah merupakan kewajiban bagi setiap orang. Sedekah sendiri tak harus dilakukan dengan memberi orang lain uang. Segala bantuan yang diberikan dengan ikhlas, tulus dan mengharap ridhoNya adalah sedekah.

Rasulullah pernah bersabda

“tidak akan pernah berkurang harta yang disedekahkan, kecuali ia bertambah, bertambah dan bertambah” (HR. Tirmidzi)

Tidak perlu khawatir akan kehilangan atau berkurangnya harta, sebab Allah SWT akan memberikan karunianya dan menggantikan harta yang telah disedekahkan melalui berbagai jalannya.

Bersedekah bisa jadi cara kita bersyukur atas rezeki yang diberikan Allah. Rezeki itu bukan sebatas pada harta atau materi semata. Lebih dari itu, rezeki yang kita dapat bisa jadi bentuknya dalam kesehatan dan kenyamanan yang kita miliki saat ini. Semakin kita mensyukuri yang sedikit yang sudah kita punya, maka kita akan merasakan keberkahan yang ada pada harta kita.

Semoga kita menjadi golongan orang-orang yang diringankan tangannya untuk bersedekah dan memberi zakat kepada sesama. Mulailah sisihkan harta atau rezeki kita untuk bersedekah untuk kemanfaatan bagi diri sendiri serta orang lain dan Allah SWT akan melipat gandakan pahalanya. Aamiin 🤲.

By : Novmi

#wujudkanbersama #mabifoundation #berbagisesama #artikel #sedekah #cintakasih #mufakatalbannaindonesia #kalibaru #Cilincing #jakartautara

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *