TAHAJJUD TIME

Shalat tahajjud dikerjakan di waktu malam, lebih utamanya lagi di sepertiga malam terakhir, yaitu ketika kebanyakan manusia sedang terlelap dalam tidur, berbagai aktifitas berhenti, serta suasana begitu hening dan sunyi. Ini adalah salah satu waktu yang paling mustajab untuk berdoa, karena pada waktu itu pula Allah sedang turun ke langit dunia untuk mengijabahi doa hamba-hamba-Nya.

Ada banyak keutamaan dari salat tahajud, satu di antaranya mendapatkan kemuliaan dari Allah SWT. 

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَا فِلَةً لَّكَ ۖ عَسٰۤى اَنْ يَّبْعَـثَكَ رَبُّكَ مَقَا مًا مَّحْمُوْدًا

“Dan pada sebagian malam, lakukanlah sholat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra’ 17: Ayat 79).

Salat tahajud atau salat malam (qiyamul lail) merupakan salat sunah yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Siapa saja yang rutin mengerjakan salat tahajud, maka Allah SWT akan permudah segala urusan di dunia dan akhirat. Hidupnya pun akan dijauhkan dari kesengsaraan, kesukaran, dan kesulitan.

Rasullullah SAW bersabda :

“Jika seseorang hamba bangun dari kelezatan tidur nya pada mata nya masih mengantuk untuk menyenangkan Allah SWT dengan melakukan sholat Tahajjud Maka Allah akan membagakan nya di hadapan para mailaikat Nya Bukan kah kalian melihat hamba ku bangun dari kelezatan tidur nya untuk melakukan sholat yang tidak wajib atasnya?

Maka saksikan lah aku mengampuni dosanya“

[HR Bukhori, Muslim dan Ahmad]

Selamat menunaikan sholat tahajjud… 

By : Novmi 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *