Tanda-Tanda Datangnya Lailatul Qadar

Lailatul Qadar sampai sekarang masih menjadi misteri yang belum terpecahkan mengingat banyak sekali pendapat yang berbeda terkait dengan turunnya Lailatul Qadar. Ada sebagian yang mengatakan bahwa Lailatul Qadar turunnya ada sejak awal ramadhan turun (Tabrizi, 2002), ada juga yang menyatakan Lailatul Qadar ada di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan(Razi 2005), bahkan ada yang berpendapat bahwa lailatul qodar diturunkan pada hari- hari ganjil di sepuluh akhir bulan ramadhan (Muhammad, 2002).

Pada malam sepuluh terakhir bulan Ramadhan yang penuh barakoh ini terdapat Lailatul Qadar yang lebih dimuliakan oleh Allah dibandingkan malam-malam lainnya, karena malam Lailatul Qadar merupakan malam seribu bulan. Pada malam itu Allah memberikan karunia dan kebaikan yang banyak kepada umat Islam. Pada malam Lailatul Qadar, para malaikat turun ke bumi dengan membawa kebaikan, barakah, dan rahmat. Lailatul Qadar adalah malam kesejahteraan, karena pada malam itu hamba Allah yang melaksankan ketaatan kepada-Nya banyak diselamatkan dari siksaan dan azab (Muhammad, 2002).

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

Artinya “(1) Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (al-Quran) pada malam kemuliaan. (2) Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? (3) Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. (4) Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Rabbnya untuk mengatur segala urusan. (5) Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar” (QS. Al-Qadr: 1-5).

Berikut ini adalah tanda – tanda malam lailatul qadar :

  1. Udara dan Suasana Pagi yang Tenang

Malam lailatul qadar ditandai dengan malam yang tenang dan tentram, dengan suhu yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Ketika pagi datang matahari terbit dengan sinar lemah berwarna merah. Angin saat malam hari juga bersifat tenang dan berhembus tidak kencang serta tidak ada petir.

  1. Matahari Bercahaya Cerah

Cahaya cerah namun tidak terik.

3.Memimpikan Hal Baik

Pada malam lailatul qadar, orang – orang yang beribadah akan bermimpi baik. Mimpi – mimpi ini seperti yang dialami sahabat nabi.

  1. Bulan Nampak Separuh

Pada malam lailatul qadar, bulan akan nampak separuh dan tidak berukuran penuh.

  1. Khusyuk

Orang yang beribadah di malam lailatul qadar akan merasakan khidmat dan khusyuk. Ketenangan ini muncul tidak seperti malam – malam lainnya.

Keutamaan malam lailatul qadar adalah diampuninya seluruh dosa orang yang beribadah pada malam tersebut. Hal ini sesuai hadist Rasullulah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari, yang artinya :“Telah menceritakan kepada kami Abu al-Yaman, ia berkata: telah mengkhabarkan kepada kami syu’aib ia berkata : telah menceritakan kepada kami Abu al-Zinad dari al-A’raj dari Abi Hurairah ia berkata: Rasul SAW bersabda: Siapa yang beribadah pada malam qadr dengan penuh keimanan dan perhitungan, maka akan diampuni Allah dosa-dosanya yang telah lalu”.

Tidak diketahui secara pasti kapan datangnya malam lailatul qadar. Di dalam Al-Quran Lailatul Qadar berada di bulan Ramadhan pada sepuluh hari terakhirnya, yaitu malam kedua puluh satu, atau kedua puluh tiga, atau kedua puluh lima, atau kedua puluh tujuh, atau kedua puluh sembilan, atau di akhir malam Ramadhan. terutama pada malam ganjil.

“Dari Aisyah ra, bahwasanya Rasulullah saw. bersabda: ‘Carilah lailatul qadar itu dalam malam sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan.” (Muttafaq ‘alaih).

By : Novmi

#artikel #lailatulqadar #malamseribubulan #bulanramadhan #yayasanmufakat #mabifoundation #kalibaru #cilincing #jakartautara

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *