Tips Tetap Semangat Bekerja Disaat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan

Puasa merupakan kewajiban umat muslim yang terasa ringan bila dijalankan dengan penuh ketaatan dan rasa syukur. Namun, sebagai manusia biasa, ada waktunya puasa menjadi terasa lebih berat dari biasanya.

Bulan Ramadhan merupakan bukan halangan bagi umat muslim untuk tetap beraktivitas. Namun, seringkali energi akan sedikit lebih mudah terkuras saat menjalankan ibadah puasa dan berujung dengan perasaan malas beraktivitas atau bekerja. 

Alasannya bisa karena kondisi tubuh sedang tidak fit, tidak bangun untuk sahur atau karena alasan aktivitas yang berat dan menguras tenaga. Oleh karena itu, kita membutuhkan motivasi agar tetap terjaga dan menjalankan ibadah puasa secara penuh.

Semangat yang sama dirasa dalam menjalani puasa. Setiap orang berlatih untuk menjaga kualitas puasanya. Ada sikap kehati-hatian atas segala perbuatan yang dapat menghilangkan pahala puasa. Umat Islam berusaha menjaga lisan dari kata-kata kotor, ghibah, bohong dan lainnya. Sebisa mungkin mereka menjauhi perbuatan zalim, serta terus berupaya menjaga persaudaraan sesama.

Bekerja selama bulan puasa selalu memiki kenikmatan dan juga tantangan tersendiri. Karena disaat bulan puasa inilah, yang suka mengeluh ataupun lemas saat bekerja. 

Nah, hal apa saja yang dapat kita lakukan agar tetap semangat bekerja disaat berpuasa? Tips yang dapat kita lakukan agar tetap semangat bekerja disaat menjalankan ibadah puasa, antara lain:

1. Memantapkan niat dan tekad

2. Makan sahur secukupnya

3. Hindari kafein

4. Perhatikan jam tidur

5. Olahraga

6. Selipkan aktivitas lain saat bekerja

7. Membuat list pekerjaan

8. Rencanakan Buka Puasa Bersama Rekan Kerja. 

9. Manfaatkan jam istirahat sebaik mungkin

Itulah tips sederhana yang akan membantu kamu untuk tetap semangat bekerja meskipun sedang menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan. 

Tetap bekerja di bulan puasa tentu memiliki tantangan dan sensasi tersendiri. Namun bukan berarti, puasa menjadi malas dan tidak produktif dalam bekerja. Lakukan tips ini untuk membuat kamu tetap semangat bekerja saat menjalankan ibadah puasa.

Awal bulan Ramadan dipenuhi rahmat, pertengahan bulan Ramadan adalah pintunya ampunan, dan pengujung bulan Ramadan adalah kebebasan dari api neraka. Ketika nikmat diberikan segitu mudahnya, tugas kita adalah menyambutnya dengan tangan terbuka. Semangat ibadah di bulan Ramadan! Semangat puasanya ya!

by : Novmi

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *