Berbuka Puasa Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

Buka puasa tak sekadar membasuh dahaga dan mengisi perut dengan makanan. Jika ingin mengikuti sunnah Rasulullah SAW, seperti ini adab buka puasa.

Memperbanyak amalan sunnah merupakan salah satu hal yang sangat dianjurkan dalam Islam pada bulan Ramadhan, karena pahalanya akan dihitung seperti mengerjakan amalan wajib. Salah satu yang mesti diperhatikan agar amalan kita selama Ramadhan tetap sesuai sunnah Rasulullah saw adalah soal tata cara berbuka puasa. 

Beberapa Sunah Rasulullah SAW saat berbuka puasa Ramadan. Antara lain:

1. Mengawalkan berbuka. 

Ketika berbuka puasa, Nabi Muhammad mengawali berbuka puasa dan tidak menunda. Ini menjadi sunah berpuasa yang bisa kita tiru dari Rasulullah.

Di samping itu Nabi juga sambil membaca Bismillahi awwalahu wa akhirahu karena termasuk perbuatan yang baik.

Dari Sahi bin Sa’ad radiyallahu ‘anhu, Rasulullah bersabda, “Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR.Bukhari no. 1957 dan Muslim no. 109).

2. Makan kurma dan minum air putih. 

Saat tiba waktu berbuka puasa, berdasarkan hadis Nabi, maka baiknya berbuka dengan memakan kurma dan minum air putih sebagai pembuka. 

“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berbuka dengan kurma basah (ruthab), jika tidak ada ruthab maka berbuka dengan kurma kering (tamr), jika tidak ada tamr maka minum dengan satu tegukan air.” (HR. Ahmad, Abu Dawud).

3. Makan secukupnya 

Sunah Nabi berikutnya adalah tidak berlebihan ketika berbuka.

Dalam banyak riwayat, bahkan Nabi cuma makan tiga buah kurma. Fungsi makan buka puasa adalah untuk kuat ketika ibadah atau Qiyam Ramadan.

“Tiada tempat terburuk yang dipenuhi isinya oleh manusia, kecuali perutnya. Karena sebenarnya cukup baginya beberapa suapan untuk menegakkan punggungnya. Kalaupun ia ingin makan, hendaknya ia atur dengan cara sepertiga untuk makanannya, sepertiga untuk minumannya, dan sepertiga lagi untuk nafasnya.” (HR Tirmidzi).

Setelah selesai berbuka puasa, dianjurkan untuk segera melaksanakan solat magrib sehingga berkah yang didapat saat bulan ramadan lebih melimpah. Semoga membawa keberkahan dalam ibadah puasa kita. Aamiin 🤲

BY : Novmi

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *