Penyebab Anak Suka Mencuri

Penyebab Anak Suka Mencuri

Umumnya anak mencuri karena tidak memiliki uang untuk membeli barang yang dia ingnkan. Kemudian dengan keinginan memiliki barang yang diharapkan anak akan berbuat nekat mengambil barang milik orang lain atau mencuri uang temannya untuk membeli barang yang ia inginkan.

Sebagai orang tua tentu akan kaget dan merasa malu bila mengetahui bahwa anaknya mengambil barang milik orang lain. Namun, orang tua tetap harus bijak dalam mensikapi, ketika mendengar anak mencuri, orang tua seharusnya tidak langsung marah-marah apalagi kemudian menghukum anak dengan berlebihan, ini justru akan menambah beban psikhologis pada anak.

Anak yang pernah atau memiliki kebiasaan suka mencuri, harus dihadapi dengan tegas. Jangan sampai Anda membiarkan kebiasaan buruk ini hingga dewasa. Tentu sangat tidak baik untuk masa depannya.

Beberapa cara untuk menghadapi dan mendisiplinkan anak yang ketahuan mencuri, antara lain:

  1. Pahami penyebabnya
  2. Beri tahu anak bahwa tindakannya salah
  3. Kembalikan barang yang dicuri dan ajak anak untuk meminta maaf
  4. Terapkan hukuman jika ia mencuri lagi.

Anak yang melakukan pencurian memang harus dihadapi dengan tegas. Namun, bukan berarti Anda langsung memarahinya.

Untuk menghindari ini, coba tenangkan diri Anda lebih dulu. Kemudian, tanyakan baik-baik pada si kecil kenapa ia mengambil sesuatu yang bukan miliknya.

Apa pun alasannya untuk mencuri, orang tua harus mendapatkan penyebab dan mengatasi masalah mendasar lainnya. Jangan pernah menganggap hal ini sepele karena bisa menjadi kebiasaan yang terbawa hingga dewasa.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *