Agar Anak Menerima Nasihat

Orang tua mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan dan tumbuh kembang anak. Pola pengasuhan positif terhadap anak memerlukan peran orangtua. Memenuhi kebutuhan anak akan makanan yang bergizi dan sehat, menanamkan nilai agama dan moral dalam kehidupan juga menjadi peran orangtua.

Tidak semua orang tua paham betul cara mendidik anak dengan baik. Orang tua pun butuh waktu untuk belajar bagaimana cara menjadi orang tua yang baik, bagaimana mendidik supaya anak nurut dengan orang tua, serta bagaimana berkomunikasi yang baik dengan anak. Anak yang tidak patuh pada orangtua seringkali dicap sebagai anak yang nakal atau pembangkang. Padahal, hal tersebut bisa jadi karena pola asuh orangtua yang kurang tepat. 

Kemampuan untuk mendengarkan nasihat perlu dilatih sejak dini agar si kecil tumbuh menjadi anak yang taat aturan. Sayangnya, beberapa anak mungkin sangat sulit mendengarkan perkataan Anda. Tentunya, hal ini bisa membuat orangtua pusing tujuh keliling. 

Sifat setiap anak-anak berbeda, begitupun cara menangani mereka. Perlu sikap bijak dari orang tua untuk mengendalikan berbagai sifat anak-anak. Kemampuan untuk mendengarkan nasihat perlu dilatih sejak dini agar anak dapat mentaati aturan, sehingga perlu tips untuk membuat anak mau mendengar kita sebagai orang tua.

1. Jadilah Teladan

Teladan adalah sesuatu yang patut ditiru dan baik untuk dicontoh. Orang tua berperan menjadi model yang ditiru oleh anak-anaknya. Melalui kepribadian, perilaku, maupun prestasi dari orang tua menjadi inspirasi buah hatinya.

2. Jadilah Teman

Penting untuk memposisikan diri sebagai sahabat kepada anak. Ini dapat membantu orang tua menjadi lebih akrab sehingga anak mudah untuk membuka diri tanpa adanya dinding peraturan yang menghalangi. Anak cenderung merasa lebih dekat dan nyaman dengan orang tua yang mudah didekati dan terbuka akan pendapat anak.

3. Banyak Mendengarkan

Alih-alih ingin merasa segalanya harus dituruti, cobalah menasihati anak berdasarkan apa yang dia inginkan. Pasalnya, ketika anak merasa orang tua mendengarkan dan memahami dirinya, ia akan jauh merasa lebih dihargai. Dengarkan keinginan anak dengan baik, lalu berikan nasihat apa yang mestinya disampaikan agar anak lebih mengerti.

4. Beri Penghargaan

Apresiasi sangat penting diberikan pada anak yang sedang mengalami masa tumbuh kembang. Bila anak berhasil melakukan sesuatu atau mentaati aturan yang dibuat oleh orang tua di rumah, maka jangan lupa berikan apresiasi atau pujian. Apresiasi tersebut yang membuat si kecil merasa termotivasi untuk patuh. Ia juga akan melakukan perintah orang tua dengan rasa senang tanpa paksaan. 

Setiap orang tua memiliki caranya masing-masing untuk mendidik anak. Namun, cara tersebut bukanlah menjadi alasan bagi orang tua untuk mengatur anak semuanya sendiri. Mereka juga perlu mendengar dan memahami anak sesuai kapasitasnya agar si Kecil lebih simpati kepada orang tua. 

#sikecil #anak #nurut #hormatkepadaorangtua #buahhati #tipstips #tumbuhkembanganak #artikel #novmi #mabifoundation #kalibaru #cilincing #jakartautara

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *