Lelah Tapi Tidak Menyerah

Dalam hidup ini, setiap orang menghadapi tantangan, ujian, dan perjuangan yang dapat menyebabkan keletihan fisik dan mental. Terkadang kesulitan tersebut dapat mematahkan kekuatan mentalmu dan membuatmu berada di titik lemah, di mana kamu mungkin merasa kalah dan tidak termotivasi untuk mencoba lebih jauh. Kegagalan terus-menerus dapat merobek keberanianmu untuk bergerak maju. Tetapi, hidup adalah tentang bangkit setelah jatuh.

Putus asa dan ingin menyerah dengan keadaan saat mengalami kesulitan adalah perasaan yang dialami hampir semua orang. Saat hidup tidak berjalan seperti harapan, dan mimpi seakan semakin jauh dari jangkauan, menyerah seperti menjadi satu-satunya jalan terbaik. ”Jika lelah dan terasa ingin menyerah, letakkan keningmu diatas sajadah. Dan kau akan tersadar bahwa untuk menang itu sedekat jarak hayya’ala sholah ke hayya’ ala falaah. Sebelum menyerah, mohonlah pertolongan kepada Allah dengan kesungguhan. Semoga dalam lelah dan pengharapan penuh kepada-Nya, Allah segera mengabulkan doa kita.

Allah SWT menguji keimanan, ketabahan, dan kesabaran kita melalui rasa lelah dan tantangan yang kita hadapi. Saat merasa lelah, kita diingatkan untuk tidak menyerah, tetapi untuk tetap bertahan dan melangkah maju. Dalam kelelahan kita, terdapat peluang untuk mengubah diri kita, meningkatkan iman, dan mencari pengampunan-Nya. Allah SWT tidak membebani hamba-Nya melebihi batas kemampuan mereka, dan setiap kesulitan akan diikuti dengan kemudahan.

Begitupula saat kita menjalani pekerjaan kita sehari-hari. Walaupun kita lelah dan letih yakinlah dibalik kesusahan Allah akan beri kemudahan. Cukup terima ketentuan Allah, berusaha mencari solusi, dan bertawakal kepadanya. Mari dekati Allah dengan zikir dan doa kepada-Nya, maka Allah lah yang akan menguatkan kita. Sebagaimana doa Rasulullah ﷺ berikut:

بِسْمِ اللَّهِ آمَنْتُ بِاللَّهِ اعْتَصَمْتُ بِاللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

Dengan menyebut Nama Allah, aku beriman kepada Allah, aku bergantung kepada Allah, aku bertawakkal kepada Allah, tidak ada daya dan upaya kecuali dengan (pertolongan) Allah (HR. Ahmad no. 471, Imam Ibnu Al-Qayyim menilai hadis ini hasan).

Selagi apa yang kita kerjakan itu benar dan dijalan Allah, Yakinlah. Semoga lelah kita akan Allah jadikan dengan Lillah. Semoga bermanfaat. 

#sabar #selfreminder #motivasi #kuatbersama #percayadiri #fokus #istiqomah #novmi #mufakatalbannaindonesia #mabifoundation #Berani #kalibaru #cilincing #jakartautara

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *