Mengelolah Perasaan Yang Tidak Nyaman

Manusia sesungguhnya telah diberikan cipta, rasa, dan karsa untuk mengelola segala hal atau perasaan-perasaan yang terjadi dari dalam atau luar dirinya yang bahkan bisa dikendalikan oleh dirinya sendiri. Ternyata perasaan tidak nyaman yang sering muncul dan dirasakan itu memiliki banyak sekali nama, seperti marah, cemas, sedih, kecewa, atau bahkan insecure. Kamu hanya tidak tahu apa yang sebenarnya kamu rasakan selama ini, sehingga hanya menyebutnya dengan perasaan tidak nyaman tanpa memberi nama yang lebih spesifik.

Psikolog Paul Ekman (1970) mengidentifikasi enam emosi dasar yang secara universal dialami manusia, yakni marah, takut, kaget, jijik, sedih, dan bahagia. Selanjutnya perasaan sombong, malu, dan gembira juga ditambahkan ke daftar emosi dasar tersebut. Secara umum, emosi dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu emosi positif dan emosi negatif. Perasaan yang menyenangkan seperti bahagia dan gembira termasuk sebagai emosi positif. Sedangkan contoh emosi negatif paling umum adalah perasaan marah atau perasaan tidak menyenangkan. Jika perasaan negatif ini tidak dikendalikan, maka dapat menyebabkan perbuatan yang mungkin saja akan mengacaukan. Walaupun termasuk emosi negatif, marah merupakan salah satu emosi dasar manusia.

Kita sering mengatakan bahwa saat kita merasakan tekanan dan ketegangan dengan semua hal di sekitar kita. Sebagai respons yang dirasakan terhadap situasi tertentu, emosi memainkan peran penting dalam bereaksi. Mengatur emosi tanpa menekan atau mengabaikannya dapat bermanfaat bagi hubungan, suasana hati, dan pengambilan keputusan.

Memendam emosi tidak akan membuatnya hilang. Malah, kemungkinan besar emosi-emosi itu akan bertambah buruk. Emosi yang ditekan dapat berkontribusi pada kondisi kesehatan mental seperti kecemasan atau depresi.

Berusahalah untuk mengalihkan pikiran ke hal-hal yang positif dan jangan fokus pada hal-hal yang membuat Anda sedih, kecewa, dan frustrasi. Anda bisa melakukan hal-hal positif dan kreatif, seperti berolahraga, relaksasi, meditasi, atau bermain musik sebagai cara mengelola rasa. Tetaplah tenang dalam menghadapi setiap masalah Anda. Ketika emosi mulai memuncak, tarik napas dan embuskan napas secara perlahan sambil memikirkan hal-hal yang positif atau sisi-sisi positif dari hal yang sedang Anda alami.

#artikel #oalahrasa #perasaan #berfikirpositif #mengendalikandiri #mabifoundation #kalibaru #cilincing #jakartautara #novmi

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *