Minum Air Es


Saat cuaca sedang panas, memang enak kalau bisa minum air es yang dingin dan menyegarkan. Pertanyaannya sekarang, benarkah air es itu baik bagi kesehatan?

Air adalah bagian penting dari tubuh kita dan dapat dikatakan sebagai rahasia untuk hidup lebih lama. Karena, air membantu transportasi oksigen dan nutrisi ke sel dan organ dan mengatur suhu tubuh. Air minum sangat penting bagi kesehatan manusia setiap harinya, tetapi suhu berbeda akan menentukan nilai kebaikannya.

Memastikan tubuh tetap terhidrasi penting dilakukan. Cara paling sederhana menghidrasi tubuh adalah minum air putih. Biasanya air putih yang diminum berkisar pada suhu normal, hangat atau bahkan dingin. 

Beberapa orang percaya bahwa minum air dingin atau air es adalah kebiasaan buruk yang sebenarnya dapat membahayakan kesehatan jangka panjang.

Meskipun sering dianggap menyegarkan untuk diminum saat cuaca panas, minum air yang dingin juga bisa memberikan efek negatif terhadap tubuh. 

Memang benar bahwa air es kurang baik bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan air es itu dapat:

1. Membuat tubuh sulit mencerna makanan

2. Memengaruhi kadar energi dalam tubuh

3. Menyebabkan sakit tenggorokan

4. Memperlambat detak jantung

5. Memicu penimbunan lemak

Selain sejumlah dampak negatif dari kebiasaan minum air dingin, ada kondisi tertentu pada manusia yang menunjukkan bahwa minum air dingin dapat memberikan dampak baik. Sebagian orang menjauhi air es karena mengira bahwa kebiasaan minum air es bisa menimbulkan penyakit tertentu. Padahal, air es memiliki beragam manfaat tubuh, misalnya menurunkan demam, menghidrasi tubuh setelah berolahraga, atau menjaga kelembapan kulit.

Tubuh kehilangan cairan melalui keringat, urine, dan napas. Maka disarankan untuk banyak minum air putih, baik air es atau pun air biasa, agar tidak mengalami dehidrasi. Dengan mengetahui manfaat minum air dingin dan efek sampingnya untuk kesehatan tersebut, Anda bisa menentukan apakah perlu minum air dingin atau yang hangat.

Pada orang dewasa, konsumsi air putih yang dianjurkan adalah sebanyak 2 liter atau setara dengan 8 gelas per hari. Temperatur air yang diminum akan berpengaruh pada produksi keringat serta kemampuan tubuh untuk mengembalikan keringat yang hilang. Apapun pilihannya, Anda tetap perlu memperhatikan asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh untuk mencegah dehidrasi. 

#airputih #minumaires #kesehatan #air #novmi #mabifoundation #kalibaru #cilincing #jakartautara

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *