Sedekah Menghapus Dosa-dosa

Shadaqah atau sedekah merupakan salah satu ajaran Islam yang sangat dianjurkan, selain pemberikan manfaat bagi kehidupan bermasyarakat, keutamaan sedekah bisa juga untuk menghapus dosa. Sebagaimana manusia tentunya kita tidak luput dengan dosa, namun Allah Maha Pengampun memberikan kita kesempatan untuk bertaubat dan menghapus dosa-dosanya dengan cara yang yang diridhai oleh Nya. 

Keutamaan Dalam Islam tentang sedekah ini adalah perbuatan dosa dapat dihapus dengan bersedekah, sebagaimana api bisa dipadamkan oleh air. Tapi tentunya bukan hanya sedekah sendiri yang bisa kemudian menghapus dosa, tapi sedekah yang juga disertai dengan bertaubat, baru setelah itu dosanya benar-benar mendapat pengampunan. 

Ada hal yang tidak dibenarkan, yaitu orang-orang yang dengan sengaja merencanakan hal-hal buruk (berbuat curang, mencuri, merampok, memakan riba, korupsi, dan mengambil harta anak yatim) dan sebelum melakukan hal-hal tersebut ia sudah berniat untuk bersedekah demi menghapus dosa-dosa tersebut. Orang seperti ini sebenarnya sudah tahu kalau yang dilakukannya itu salah, tapi malah seenaknya; maka, ini dianggap sebagai dosa besar. 

Dosa ibarat api yang akan padam dari pahala sedekah. Akan tetapi, bukan berarti dosa-dosa akan terhapuskan begitu saja tanpa disertai dengan perbuatan baik lainya. Sedekah bisa diberikan baik non materi seperti senyum, memberikan ilmu yang kita miliki, mengeluarkan tenaga untuk membantu orang lain, dll. Sedekah juga bisa diberikan secara materi dalam bentuk uang, barang, ataupun makanan. 

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

اِنْ تُبْدُوا الصَّدَقٰتِ فَنِعِمَّا هِيَ ۚ وَاِ نْ تُخْفُوْهَا وَ تُؤْتُوْهَا الْفُقَرَآءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ ۗ وَيُكَفِّرُ عَنْكُمْ مِّنْ سَيِّاٰتِكُمْ ۗ وَا للّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

“Jika kamu menampakkan sedekah-sedekahmu, maka itu baik. Dan jika kamu menyembunyikannya dan memberikannya kepada orang-orang fakir, maka itu lebih baik bagimu dan Allah akan menghapus sebagian kesalahan-kesalahanmu. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 271)

Harta kita sesungguhnya adalah harta yang kita sedekahkan di jalan Allah SWT. Pada hakikatnya harta kita tidak akan pernah berkurang walau dikeluarkan untuk sedekah. Sungguh luar biasa orang yang bersedekah, sampai Allah menyediakan pintu khusus untuk mereka. Bersedekah  juga merupakan satu sikap kedermawanan yang sekaligus menjadi sifat yang disukai Allah SWT.

“Sesungguhnya Allah SWT itu Maha memberi, Ia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, Ia membenci akhlak yang buruk.” (HR. Al Baihaqi). Walau keutamaan bersedekah itu banyak, namun amal sedekah itu harus selalu diniatkan semata karena mengharap ridho Allah SWT. Biarlah Allah yang membalas sedekah itu tanpa kita  pertanyakan kapan Allah membalas amal itu.

#zakat #infak #sedekah #berbagi #wujudkankebaikan #darikamuuntuksesama #mabifoundation #mufakatalbannaindonesia #kalibaru #cilincing #jakartautara #artikel #novmi

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *