SELAMAT MEMPERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW | 12 RABIUL AWAL 1445 H

Maulid Nabi merupakan sebuah peristiwa peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad Saw yang jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awwal dalam kalender Hijriah. Peringatan Maulid Nabi dilaksanakan sebagai bentuk cinta kasih umat Islam kepada Nabi Muhammad Saw.

Maulid Nabi berasal dari dua kata bahasa Arab yakni Maulid dan Nabi, kata Maulid memiliki makna yang sama dengan kata milad yang berarti “lahir” atau “kelahiran”, dan Nabi yang dimaksud adalah Nabi Muhammmad saw, dari pengertian tersebut dapat dimengerti bahwa Maulid Nabi sebagai kegiatan memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad Saw yang dilakukan dengan mengenang kembali sejarah dan perjuangan Rasulullah Saw.

12 Rabiul awwal merupakan tanggal yang bersejarah dan berarti bagi seluruh umat Islam di dunia. Karena pada tanggal tersebut lahir seorang manusia pilihan yang amat mulia. Ia diutus sebagai rahmat bagi seru sekalian alam, pemberi berita gembira, perubah nasib manusia dari kegelapan menuju cahaya cinta Illahi. 

Memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad Saw termasuk perkara yang membesarkan dan memuliakan baginda. Bagi setiap umat muslim yang merayakan dan memperingatinya akan diberikan kenikmatan di dunia dan akhirat. 

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

اَ لَّذِيْنَ يَتَّبِعُوْنَ الرَّسُوْلَ النَّبِيَّ الْاُ مِّيَّ الَّذِيْ يَجِدُوْنَهٗ مَكْتُوْبًا عِنْدَهُمْ فِى التَّوْرٰٮةِ وَا لْاِ نْجِيْلِ يَأْمُرُهُمْ بِا لْمَعْرُوْفِ وَيَنْهٰٮهُمْ عَنِ الْمُنْكَرِ وَيُحِلُّ لَهُمُ الطَّيِّبٰتِ وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمُ الْخَبٰٓئِثَ وَيَضَعُ عَنْهُمْ اِصْرَهُمْ وَا لْاَ غْلٰلَ الَّتِيْ كَا نَتْ عَلَيْهِمْ ۗ فَا لَّذِيْنَ اٰمَنُوْا بِهٖ وَعَزَّرُوْهُ وَنَصَرُوْهُ وَ اتَّبَـعُوا النُّوْرَ الَّذِيْۤ اُنْزِلَ مَعَهٗۤ ۙ اُولٰٓئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ

“(Yaitu) orang-orang yang mengikuti Rasul, Nabi yang ummi (tidak bisa baca tulis) yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada pada mereka, yang menyuruh mereka berbuat yang makruf dan mencegah dari yang mungkar, dan yang menghalalkan segala yang baik bagi mereka dan mengharamkan segala yang buruk bagi mereka, dan membebaskan beban-beban dan belenggu-belenggu yang ada pada mereka. Adapun orang-orang yang beriman kepadanya, memuliakannya, menolongnya, dan mengikuti cahaya yang terang yang diturunkan kepadanya (Al-Qur’an), mereka itulah orang-orang beruntung.”

(QS. Al-A’raf 7: Ayat 157)

Keluarga besar Yayasan Mufakat Al-Banna Indonesia mengucapkan selamat memperingati kelahiran Nabi Muhammad Saw. Semoga kita semua dapat mengikuti uswah beliau dan menjalankan Sunnah nya dengan penuh keikhlasan. 

#maulidnabi #uswatunhasanah #maulid #mufakatalbannaindonesia #darikamuuntuksesama #wujudkankebaikan #mabifoundation #kalibaru #cilincing #jakartautara

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *